Mengenal Eksotisme Jeruk Manis Kisar

Jeruk Manis Kisar/ foto: http://pulau-kisar-mbd.blogspot.co.id

Pulau Kisar mungkin belum banyak orang yang tahu akan pulau ini. Kisar merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya , provinsi  Maluku dan termasuk pulau terdepan yang berbatasan dengan negara Timor Leste dan Australia. Di Pulau ini tersimpan berbagai potensi SDA yang dapat dikembangkan antara lain pariwisata dengan keindahan alam dan pantainya, pertanian dengan komoditas yang sesuai serta peternakan.

Salah satu produk pertanian yang menjadi khas dari pulau ini adalah Jeruk Manis Kisar. Jeruk eksotis ini menjadi salah satu kebanggaan dari masyarakat sehingga belum lengkap apabila berkunjung ke Kisar tidak merasakan manisnya jeruk ini dan sebagai buah tangan. Jeruk ini telah ditanam secara turun temurun oleh masyarakat sehingga menjadi produk andalan bagi masyarakat Kisar. Meski dilahan yang kering dan gersang jeruk ini mampu tumbuh dan berkembang disini.

Jeruk Manis Kisar telah ditetapkan sebagai salah satu varietas unggul jeruk nasional dengan  SK Menteri Pertanian No.864/Kpts/TP.240/11/1998, tanggal 04 November  1998. Jeruk ini memiliki keunggulan akan rasanya yang manis segar, ukuran buah sedang, warna kulit oranye ,daya simpan lama, aroma lembut dan tahan terhadap kekeringan, serta kandungan air yang banyak.

Potensi Pulau Kisar sebagai sentra dan penghasil buah jeruk Manis Kisar yang spesifik masih berpeluang sangat besar, disamping agroklimat sangat sesuai tersedianya lahan untuk pengembangan sangat luas dan didukung dengan peluang pasar yang tersedia serta harga jual buah yang kompetitif.

Dengan pendampingan teknologi budidaya jeruk yang lebih dikenal dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS) yang diterapkan secara utuh dan benar diharapkan dapat diadopsi oleh petani sehingga jeruk kisar dapat berkembang dengan baik dan dapat berproduksi optimal. Disamping itu dengan tersedianya sarana transportasi yang ideal akan mempermudah pemasaran jeruk ini sehingga dapat dinikmati masyarakat luas di luar pulau ini dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Kisar. (Fjr/sumber: Ir.Agus Sugiyatno, MP dan Setiono, SP)

Salah satu sudut keindahan Pulau Kisar/ foto: Setiono

Related Post