Mengenal Buah Subtropika : Macadamia

macadamia

Macadamia adalah tanaman dari keluarga Proteaceae yang paling bernilai ekonomi. Tanaman ini tumbuh evergreen, yang tunas barunya selalu tumbuh. Macadamia adalah tanaman kawasan asli subtropika dari bagian pantai timur Australia.

Ada dua spesies Macadamia yang dibudidayakan yaitu spesies Macadamia integrifolia

Maiden dan Betche dan Macadamia tetraphylla Johnson. Keduanya banyak dipelihara sebagai tanaman produktif di Australia dan daerah tropika serta subtropika di berbagai belahan dunia lainnya untuk didapatkan bijinya (John D. Wilkie, Sedgley, Morris, Muldoon, & Olesen, 2009).

Tanaman Macadamia memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia, merujuk iklim dan jenis tanah di Indonesia yang sesuai dengan daerah sentra produksi Macadamia yang berada di Australia dan Hawai (Hasanah, 1998).

Macadamia yang berasal dari sambungan, belajar berbuah pada usia dua sampai tiga tahun dan dapat berbuah sepanjang tahun. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada tahun 1971 dan di telah dibudidayakan di kebun PTPN XII di Blawan, Bondowoso, Jawa Timur.

Macadamia merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi karenabiji yang dihasilkan menjadi bahan baku dalam industri makanan serta dapat digunakan untuk kesehatan.

Potensi pasar Indonesia untuk produk ini cukup menjanjikan, dilihat dari pertumbuhan impor yang terjadi pada tahun 2009-2018 yakni sebesar 62%. Dari 9,4 ton pada tahun 2009 menjadi 15,3 ton pada tahun 2018, meski sempat terjadi penurunan impor di antara tahun 2012 hingga 2016.

Peluang budidaya terlihat dari ekspor yang dilakukan oleh Perkebunan Kopi Kalisat Jampit, PT Perkebunan Nusantara XII, yang terletak di Pegunungan Ijen, Jawa Timur. Peningkatan harga per kg ekspor dari tahun 2016 yang bernilai 3,2$ menjadi 20$ pada tahun 2018 dapat menjadi indikasi peningkatan kualitas dari produk biji Macadamia yang dihasilkan.

Produsen terbesar adalah Australia, Amerika Serikat dan Afrika Selatan. Dari sisi volume produksi secara global selama tahun panen 2006-2007, dibandingkan pohon kacang sejenis, Macadamia menduduki peringkat ke delapan. Peringkat pertama hingga kelima adalah almond, hazelnut, mete, walnut, dan pistachio (Alasalvar & Shahidi, 2008).

sumber : INDO-HITS (Indonesian Horticultural Innovation, Technology and Science) : Sumber Daya Genetik Tanaman Buah Subtropika Potensial : Dita Agisimanto dan Lyli Mufidah


Agenda

no event