Mengenal Beberapa Jeruk Dari Sumatera

Beberapa varietas jeruk dari Sumatera
Beberapa varietas jeruk dari Sumatera

Pulau Sumatera selain dikenal sebagai penghasil sawit, karet , kopi  dan hasil tambang juga memiliki komoditas hortikultura yang berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu jenis komoditas tersebut adalah jeruk. Banyak sekali varietas jeruk yang ada di sumatera yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Beberapa propinsi di Sumatera memiliki jeruk khas  yang terdapat di daerah.

Di  Aceh memiliki komoditas jeruk yaitu Keprok Gayo.  Jenis jeruk ini berkembang didataran tinggi antara 800- 1000 mdpl. Warna buahnya yang oranye kekuningan sangat menarik  disertai citarasa yang manis, asam segar. Kemudian dengan budidaya yang tepat satu pohon dapat menghasilkan 80-100 kg dalam usia produksi.

Kemudian di Propinsi Sumatera Utara juga memiliki jenis jeruk yang potensial untuk dikembangkan baik jenis keprok maupun siam. Varietas tersebut antara lain, Keprok Brastepu dan Siam Madu yang sudah banyak ditanam di Sumut sendiri maupun didaerah lain. Keprok Brastepu  ditanam di didataran tinggi 750-1000 mdpl. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar dengan warna oranye kekuningan.

Siam Madu merupakan jeruk unggulan di Sumut maupun nasional. Jeruk ini memiliki rasa yang manis sehingga banyak diminati masyarakat. Jeruk ini memiliki warna oranye  apabila di tanam di dataran tinggi namun jika ditanam di dataran rendah warnanya hijau kekuningan. Jeruk jenis ini sudah banyak dikembangkan di luar Sumatera karena memang memiliki keunggulan selain rasa yang manis juga bisa ditanam di dataran tinggi maupun rendah.

Selanjutnya di Sumatera Barat terdapat jenis jeruk keprok dan siam. Keprok Kacang Solok merupakan jeruk keprok yang berasal dari kecamatan Sepuluh Koto, kabupaten Solok. Jeruk ini memiliki rasa manis sedikit asam dan segar dengan warna hijau kekuningan.  Jenis jeruk ini dapat ditanam dataran rendah maupun tinggi. Kemudian di Kabupaten Lima Puluh Kota tepatnya di kecamatan Gunung Omeh terdapat jeruk yang khas yaitu Siam Gunung Omeh.  Meski tergolong jeruk siam namun mempunyai warna kulit yang oranye karena di tanam didataran tinggi. Rasa dari jeruk ini manis dengan ukuran buah yang relatif besar dibanding jeruk siam pada umunya. Jeruk ini merupakan komoditi unggulan dari Kabupaten 50 Kota sekaligus Propinsi Sumatera Barat.

Di Provinsi Bengkulu dikenal dengan komoditas jeruk Keprok RGL. Tanaman jeruk RGL merupakan salah satu komoditas potensial Desa Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong karena mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. Dengan warna yang kuning dan rasanya yang manis segar menjadikan jeruk ini sangat potensial untuk dikembangkan.  Ukuran dari jeruk in relatif besar karena per kilo hanya berkisar 3-4 buah. Jeruk ini di tanam di dataran tinggi dan saat ini sudah berkembang di beberapa daerah.

Dari beberapa varietas tersebut mungkin masih ada lagi varietas lain yang belum dieksplorasi ataupun belum di lepas. Dan sekarang ini area pengembangan sudah bertambah antara lain di Riau dan beberapa daerah lain yang memungkinkan utnuk ditanami jeruk.

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk  adalah dengan kawalan teknologi yang telah dilakukan di beberapa lokasi jeruk di Indonesia termasuk Sumatera. Selain itu Balitbangtan sendiri juga telah memiliki koleksi Plasma Nutfah jeruk yang terdapat di KP Punten, Kota Batu, Jawa Timur termasuk varietas yang disebutkan diatas. Kemudian Balitbangtan juga memperoduksi BF dan BPMT yang bebas penyakit  untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia kepada penangkar ataupun dinas dalam rangka menciptakan benih unggul bebas penyakit sehingga produksi jeruk nusantara akan meningkat dan menjadi unggulan di negeri sendiri. [fajar/balitjestro]

One thought on “Mengenal Beberapa Jeruk Dari Sumatera

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event