Mengawal Jeruk Siam di Bawah Langit Brebes

Jeruk BrebesSerasa aneh mendengar jeruk siam yang identik dengan jeruk dataran rendah yang suhu udaranya panas dikembangkan di dataran tinggi yang memiliki suhu ekstrim dingin, terkadang terjadi frost. Tepatnya adalah lereng barat Gunung Slamet, Wilayah Brebes bagian Selatan, sebuah kawasan wisata agro yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Lokasinya berada pada ketinggian 1200 – 2050 m dpl., suhu udara berkisar 8° – 22° C pada musim penghujan dan mencapai 4° -12° C pada musim kemarau.

Di kebun ini, kita akan dimanjakan oleh panorama khas kebun teh warisan kolonial Belanda. Selain, itu kita juga bisa mengujungi objek wisata Goa peninggalan Jepang dan air terjun. Untuk mendukng wisata agro yang sudah ada, di kebun ini juga dikembangkan beberapa macam tanaman buah eksotik seperti apel, stroberi, dan beragai jenis jeruk, termasuk jeruk Siam Madu.

Penanaman jeruk di lokasi ini dimuali sejak tahun 2012 dengan beberapa jenis jeruk, tidak termasuk jeruk Siam. Dua tahun kemudian, tepatnya bulan Desember 2014 di tempat ini juga ditanam jeruk Siam Madu yang terkenal dengan rasanya yang manis. Dalam membangun kebun jeruk sehat , PTPN IX menggandeng Balijestro, Badan Litbang Petanian mulai dari proses perencanaan kebun hingga pengawalan pelaksanakan kegiatan lapangan. (Sutopo)

Related Post

Tinggalkan Balasan