Mengawal Jeruk di Lahan Rawa

balittra
Tanaman jeruk ditanam dengan sistem surjan di TSP Balittra

Untuk mendukung Taman Sains Pertanian (TSP) di Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra), Banjarbaru, Kalimantan Selatan diperlukan master plan yang tepat dalam rencana kegiatannya. Topik atau tematik secara khusus harus mencerminkan teknologi yang erat hubungannya dengan lahan Rawa. TSP Balitra adalah satu-satunya TSP berbasis lahan rawa. Harapannya apa yang dilakukan pada TSP dapat link dengan TTP yang ada di Tanah Laut dan Tapin.

Untuk mengawal jeruk dikawasan TSP ini Ir Otto Endarto, M.Si peneliti Balitbangtan ditugaskan untuk melakukan kawalan disana, 24-26 Februari 2016. Disini jeruk ditanam dengan sistem surjan. Hasil pengamatan secara umum menunjukkan tanaman jeruk pertumbuhannya normal karena hampir semua tanaman dalam kondisi fase pertunasan.

Kondisi jarak tanam yang lebar yaitu 5 m dalam surjan dapat ditambahkan 1 tanaman lagi sehingga jarak dalam surjan cukup 2.5m untuk efisiensi lahannya. Kondisi surjan yang cukup tinggi dan baik akan mendukung pertumbuhan jeruk yang optimal karena air tidak bisa menggenangi bagian akar. Sistem pengairan secara tetes sangat memungkinkan tanaman jeruk dapat dibuahkan sepanjang tahun karena air yang dibutuhkan tanaman jeruk untuk berbuah dapat diatur. Dengan dukungan teknologi dan pengelolaan yang tepat maka keberhasilan dari TSP akan terwujud.

Untuk menentukan langkah –langkah yang dilakukan dilakukan rapat koordinasi oleh tim yang bertanggung jawab di TSP Balittra. Rapat koordinasi dihadiri oleh penanggung jawab kegiatan (Ka Puslitbanghorti) tim teknis, profesor riset, ka Balitra, manager TSP dan semua peneliti yang berperan aktif dalam kegiatan TSP di Balitra.

Hasil koordinasi menyimpulkan, kegiatan yang dilakukan di TSP harus berbasis lahan rawa, komoditas yang dibudidayakan mengikuti teknologi lahan rawa, sehingga bisa digunakan sebagai acuan untuk TTP dan masyarakat di sekitar lahan kegiatan.

Sumber : Ir. Otto Endarto, M.Si

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event