Membangun Desa Wisata Anggur di Prambanan

Tanaman anggur dikembangkan di lingkungan perumahan di Pemukti Baru, Tlogo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Foto : Baiq Dina Mariana

Ada yang menarik saat tim Balitjestro berkunjung di daerah Pemukti Baru, Tlogo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten, Kamis (12/9). Sejumlah tanaman anggur menjulang, meliuk mengikuti rangka kanopi yang dipasang di depan rumah warga.

Rangka kanopi terbuat dari gypsum dan dipasang melintang menaungi jalan di tengah-tengah perumahan RT 28. Beberapa sulur tanaman anggur bahkan telah menjangkau seberang jalan sehingga membuat jalan di tengah perumahan sebagian ternaungi dari terik matahari saat siang hari.

Anggur yang ditanam ini merupakan hasil bantuan benih tahun 2018 dari Balitjestro, Badan Litbang Pertanian. Program Bantuan Benih di tahun 2018 yang dicanangkan Menteri Pertanian menjadi salah satu modal untuk warga daerah Pemukti Baru untuk mengembangkan desa wisata anggur.

Pengembangan ini di bawah koordinasi Isto Suwarno selaku penggerak penanaman anggur di wilayah tersebut. Penyebaran benih ini sekaligus sebagai salah satu upaya diseminasi teknologi/varietas yag dihasilkan Balitjestro

Anggur dianggap sesuai untuk ditanam di daerah perkotaan dengan lahan yang sempit karena tajuk tanaman yang relatif kecil dan arsitektur tanaman dapat diatur sesuai kondisi lahan yang tersedia. Selain bentuk kanopi yang menaungi jalan, anggur juga dapat dibentuk membentuk setengah kanopi di depan rumah atau bentuk pagar.

Penanaman anggur di Pemukti Baru dimulai Oktober tahun 2018 dan saat ini banyak diantaranya telah mulai berbunga dan berbuah. Ke depannya, pengembangan anggur ini dapat berkembang lebih lanjut sehingga itikad baik dari penggagas untuk membangun wisata anggur di daerah tersebut dapat tercapai. Hal ini tentunya dapat tercapai dengan dukungan dan partisipasi warga dan pemerintah lokal setempat. (bq)

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah