Membangkitkan Kembali Kejayaan Keprok Pulung

kunjungan pulung

Dalam rangka peningkatan Sumberdaya Masyarakat Pertanian, Gapoktan “ Anggoro Sakti” Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan studi banding ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Selasa 16/09/2014.

Dalam kegiatan tersebut Bejo Suwito selaku koordinator mengungkapkan bahwa sekarang di Pulung sendiri jeruk yang dulu pernah jaya yaitu “Keprok Pulung” sudah mulai punah. Kepunahan itu dikarenakan serangan CVPD yang telah merusak kawasan jeruk disana. Untuk itu adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan pengetahuan bagaimana budidaya dan pengelolaan jeruk yang benar dan sehat. Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa Gapoktan yang berkunjung ingin belajar mengenai, budidaya, pengendalian hama penyakit dan menyerap teknologi yang dihasilkan untuk diterapkan di daerahnya. Dengan ilmu yang didapat diharapkan dapat mengembangkan kembali Jeruk Keprok Pulung di daerah asalnya.

Plh Kepala Balai Ir. Agus Sugiyatno, MP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para petani yang jauh-jauh datang dari Ponorogo untuk menimba ilmu di Balitjestro walaupun hanya sehari. Kemudian disampaikan tentang profil Kantor Balitjestro, yang mencakup semua kegiatan yang telah dilakukan dalam melakukan inovasi teknologi yang dihasilkan. Selain itu dijelaskan pula bahwa di KP Tlekung juga menanam jeruk Keprok Pulung yang telah dipanen beberapa waktu lalu. Dengan ini maka para petani nanti dapat langsung melihat kondisi kebun dan tanaman jeruk Keprok Pulung sebagai modal ilmu dalam mengembangkan kembali jeruk Keprok Pulung yang hampir atau bahkan sudah punah di daerahnya.

Kemudian para petani juga diberi wawasan mengenai budidaya jeruk bebas penyakit yang disampaikan Ir. Sutopo, M.Si. Dalam materi tersebut disampaikan berbagai teknik dalam budidaya jeruk yang sehat. Para peserta dapat menyerap ilmu yang mungkin selama ini belum diterapkan disana. Peserta juga diajak secara langsung ke kebun utnuk melihat dan mngamati bagaimana pengelolaan kebun yang benar dengan penerapan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS). Bagaimana pemilihan bibit yang benar, pemeliharaan yang benar, pengendalian hama dan penyakit yang tepat, pemupukan dan pengairan yang tepat akan sangat membantu dalam membangkitkan kembali kejayaan jeruk Keprok Pulung. [fajar/balitjestro]

jeruk pulung
( Tanaman Jeruk Keprok Pulung Di KP Tlekung)

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event