Membangkitkan Kembali Jeruk Manis Pacitan Melalui TTP

Kepala Balitbangtan, Dr. Muhammad Syakir menanam jeruk Manis Pacitan di TTP Pacitan sebagai simbol membangkitkan kembali Jeruk Manis Pacitan di asalnya
Kepala Balitbangtan, Dr. Muhammad Syakir menanam jeruk Manis Pacitan di TTP Pacitan sebagai simbol membangkitkan kembali Jeruk Manis Pacitan di asalnya

Pacitan dulu dikenal dengan jeruk manisnya yang saat ini mulai hilang dari daerah asalnya. Untuk itu dengan dukungan teknologi jeruk yang tepat diharapkan jeruk Manis Pacitan dapat dikembangkan lagi sebagai usaha tani bagi masyarakat selain tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai.

Jeruk manis pacitan sempat menjadi ikon Pacitan. Diantara jeruk manis lainnya jeruk ini tergolong paling manis sehingga sangat cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan bayi pun bisa mengkonsumsi jeruk ini sehingga jeruk ini dikenal dengan “Jeruk Baby”. Untuk itu perlu adanya dorongan dan semangat untuk membangkitkan kembali jeruk Manis Pacitan di daerah asalnya.

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Pacitan yang baru saja diresmikan dapat dijadikan pemompa semangat bagi masyarakat Pacitan untuk mengembangkan jeruk Manis Pacitan disamping tanaman pangan sebagai komoditas utama daerah ini. Di kawasan TTP ini telah tersedia demoplot tanaman jeruk yang bersandingan dengan tanaman pangan yaitu padi dan kedelai. Masyarakat dapat belajar teknologi budidaya tanaman jeruk yang benar.

Pada acara peresmian TTP telah ditanam secara simbolik jeruk Manis Pacitan oleh Ka Balitbangtan, Dr. Muhammad Syakir dan Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM dan pejabat lainnya sebagai tanda untuk membangkitkan kembali Jeruk Manis Pacitan.

Dengan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan, Kementan serta dukungan dari pemerintah pusat, pemda dan pelaku agribisnis lainnya, pengembangan kembali jeruk Manis Pacitan di asalnya akan dapat terwujud.

Jeruk Manis Pacitan
Jeruk Manis Pacitan

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event