Membangkitkan Jeruk Keprok di Ngablak

Sebagai tindak lanjut pengembangan jeruk keprok Ngablak, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura melalui Balitjestro mengadakan bimbingan teknis (bimtek) budidaya jeruk sehat di Ngablak Kabupaten Magelang, Rabu (17/11).
 
Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dengan Komisi 4 DPR RI. Tujuannya sebagai sarana hilirisasi teknologi kepada masyarakat untuk mengembangkan kembali jeruk yang dulu menjadi ikon di Ngablak.
Sebelumnya telah didiseminasikan benih jeruk bebas penyakit untuk ditanam di Kecamatan Ngablak.
 
Acara yang diikuti 100 petani ini dibuka oleh Kepala Balitjestro, Dr.Ir. Harwanto, M.Si. Selanjutnya disampaikan bahwa untuk membangkitkan kembali keprok Ngablak perlu didukung teknologi budidaya yang tepat. Kemudian ditekankan pula tentang penggunaan benih jeruk yang sehat.Dengan benih yang sehat dan bermutu varietas terjamin, berumur panjang serta vigor tanaman seragam.
 
Sementara itu anggota Komisi 4 DPR RI Vita Ervina memberikan apresiasi adanya bimtek ini. Harapannya jeruk keprok Ngablak dapat berkembang dan kembali seperti masa kejayaannya dulu. Dengan kerjasama dalam pengembangan diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat Ngablak pada khususnya. Selain itu jeruk yang sudah mulai punah dapat bangkit kembali.
 
Adapun materi yang disampaikan yaitu Perbenihan Jeruk Bebas Penyakit, Budidaya Jeruk Sehat serta Pengendalian Hama dan Penyakit Jeruk.
 
Turut hadir dalam kegiatan Forkopimcam kecamatan Ngablak serta dari Dinas Pertanian Kabupaten Magelang.