Masa Panen Tiba, Tim Plasma Nutfah Jeruk Perbarui Dokumentasi Foto Buah

Koleksi Pohon Induk TunggalTim plasma nutfah jeruk Balitjestro memperbarui kembali dokumentasi buah dan daun koleksi plasma nutfah yang ada. Saat ini koleksi plasma nutfah jeruk mencapai 228 aksesi. Mayoritas koleksi yang ada (sebanyak 90%) sudah ada foto buah dan daunnya, beberapa masih belum ada. Foto yang lama diperbarui kembali.

 

Kebun Percobaan Punten menjadi tempat koleksi Pohon Induk Tunggal (PIT) dan plasma nutfah jeruk. Dengan adanya koleksi PIT ini, kelestarian jeruk dapat terjaga. Sebagaimana yang terjadi pada Jeruk Keprok Garut yang punah dan manis pacitan, Balitjestro dijadikan rujukan untuk memperbanyak kembali dan mengembalikan kejayaan jeruk tersebut.

 

Anis Andrini (peneliti) dan Sri Andayani (teknisi) belum lama ini mengupdate database plasma nutfah yang ada. Agar data base jeruk akurat dan menjadi rujukan yang shahih bagi pemulia jeruk, maka banyak pembenahan yang perlu dilakukan, salah satunya adalah pembaruan foto buah, daun dan tanaman.

 

Berbagai aksesi jeruk pada bulan Juni – Juli 2014 ini sedang berbuah. Kesempatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh peneliti dan teknisi plasma nutfah jeruk. Karena hanya terjadi setahun sekali dan itupun terkadang bisa tidak ada buahnya karena faktor teknis, buah yang ada selain difoto juga di analisa kadar asam, kadar air, vitamin, gula reduksi, flavonoid dan serat.. Teknik foto yang tepat, menjadi penting agar karakter buah sesungguhnya dapat terdokumentasi dengan baik. [zh/balitjestro]

Budianto ambil gambar

Budianto (Lab Data) sebagai fotografer  tim plasma nutfah jeruk

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event