Masa Panen Jeruk Tahun Ini Telah Usai

20140822_170606-001

Selama dua bulan ini, pengunjung terus berdatangan dan tampak antusias mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) di Tlekung Batu untuk mengenal aneka jeruk dan melakukan petik jeruk. Balitjestro yang merupakan institusi penelitian di bawah naungan Badan Litbang Pertanian ini memang setiap tahun mengadakan acara diseminasi salah satunya kunjungan untuk petik jeruk. Selama kunjungan ini, berbagai teknologi dan produk unggulan penelitian juga ikut diperkenalkan. Puncaknya pada Open House yang dilaksanakan bulan Agustus lalu. Pelaksanaan acara ini biasanya dipertengahan tahun. Banyak pengunjung yang kemudian mengenal jeruk unggulan Badan Litbang dan berniat pula menanamnya, minimal sebagai buah di pekarangan rumah.

Jum’at, 5 September 2014 kemarin merupakan hari terakhir masa panen jeruk di Balitjestro dimana ditandai dengan pemetikan jeruk terakhir yaitu Keprok Batu 55 di Kebun Pecobaan Tlekung. Meskipun sudah resmi selesai, banyak pengunjung yang tetap datang untuk petik jeruk dan memesan dari karyawan-karyawan Balitjestro. Dengan berat hati kami pun tidak bisa lagi melayani. Tanaman jeruk sudah harus diistirahatkan dan diperlakukan untuk persiapan pembuahan sehingga tahun depan bisa berbuah lebat dan lebih baik lagi kualitas buahnya.

Semua pemasukan panen dan petik jeruk yang dihargai Rp 10.000,- per kg ini masuk ke Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Banyak masyarakat yang ternyata masih belum tahu berbagai koleksi Jeruk Badan Litbang Pertanian yang ada di Balitjestro. Beberapa tahu karena upload dari pengunjung lain yang share foto di media sosial. Bahkan ada yang jauh-jauh dari Bandung untuk membuktikan bahwa foto-foto jeruk kuning yang selama ini diuplload di website dan facebook Balitjestro Indonesia benar adanya. Jeruk Nusantara kita tidak kalah dengan jeruk impor, bahkan bisa lebih baik lagi. Mari terus konsumsi jeruk dalam negeri dan tingkatkan produksi serta kualitasnya. [zh/balitjestro]

Wisata Petik Jeruk
Panen jeruk terakhir pada Jum’at 5 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event