Marker Assisted Breeding Permudah Program Pemuliaan

jagung rekayasa genetik
Peserta workshop menerima penjelasan tentang jagung hasil rekayasa genetik (foto: Y. Irawati)

Selama enam hari, 16-21 Agustus 2015, Baiq Dina Mariana peneliti Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) beserta lima peneliti dari Badan Litbang Pertanian dengan pembiayaan dari SMARTD berkesempatan mengikuti workshop di Michigan State University (MSU). Topiknya adalah Marker Assisted Breeding. Workshop ini diselenggarakan oleh Plant Breeding, Genetics and Biotechnology Program bekerjasama dengan The World Technology Access Program. Workshop ini dihadiri oleh 23 peserta dari 11 negara dengan profesi beragam antara lain mahasiswa, dosen, dan peneliti.

Kegiatan dalam workshop tersebut antara lain materi kuliah di kelas, praktikum di lab komputer, diskusi dengan pemulia-pemulia dari MSU, dan kunjungan ke laboratorium pemuliaan kentang dan kebun percobaan untuk kentang, kedelai dan kacang (bean). Selain itu peserta workshop juga diajak mengunjungi lahan petani yang menanam kedelai dan jagung manis hasil rekayasa genetik. Di akhir workshop, peserta memberikan presentasi mengenai perkembangan pemanfaatan MAB di negara masing-masing.

Secara singkat isi dari workshop tersebut antara lain:

  1. Marker assisted breeding (MAB) adalah bagian penting dalam program pemuliaan untuk membantu proses pencapaian tujuan pemuliaan secara lebih efektif dan efisien.
  2. Penggunaan MAB dalam program pemuliaan semakin mudah dengan adanya perkembangan yang pesat di bidang teknologi molekular, informasi genetik/genomik dan bioinformatika. Ketiga aspek tersebut adalah hal yang prinsip yang perlu dikuasai dalam pemanfaatan MAB di bidang pemuliaan.
  3. Perkembangan terakhir adalah berkembangnya metode pemuliaan yang disebut dengan “precision breeding” dengan menggunakan tool “genome editing’ dimana informasi genetik dari suatu tanaman dapat modifikasi (dipotong, disisipkan, di-knock-out) sesuai dengan tujuan pemuliaan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event