Manfaatkan Lahan Jeruk Untuk Tumpangsari dengan Ubi

Tanaman jeruk Keprok Batu 55 bersandingan dengan Ubi Madu di Kebun Percobaan Kliran
Tanaman jeruk Keprok Batu 55 bersandingan dengan Ubi Madu di Kebun Percobaan Kliran

Untuk memanfaatkan lahan sekitar tanaman jeruk sebelum produksi dapat ditanami dengan tanaman lain untuk menambah hasil. Beberapa jenis tanaman dapat dimanfaatkan untuk tumpang sari dengan syarat tidak menaungi dan tidak dibawah tajuk tanaman jeruk.

Salah satu jenis tanaman untuk tumpang sari adalah ubi madu. Jenis ubi ini banyak diminati masyarakat karena rasanya yang manis dan empuk. Dengan sistem ini keuntungan yang didapat bertambah disamping jeruk sebagai tanaman pokok.

Jeruk mulai berbuah pada umur 3-4 tahun jadi selama belum berproduksi lahan sekitar tanaman jeruk bisa ditanami dengan tanaman lainnya yang salah satunya ubi . Dengan teknologi budidaya yang tepat hasil produksi dari ubi dan jeruk akan maksimal sehingga keuntungan pun meningkat . Dengan pemupukan, pengairan serta pengendalian hama dan penyakit yang benar tanaman akan sehat dan berproduksi dengan baik.

Untuk itu bagi petani yang ingin memanfaatkan lahan sekitar tanaman jeruk dapat menerapkan pola ini untuk menambah penghasilan sambil menunggu jeruk berproduksi sehingga keuntungan akan bertambah dengan disertai pengelolaan kebun yang tepat. Beberapa daerah sudah banyak petani yang menerapkan sistem tumpangsari dengan cabe, dan sayuran lainnya. (fjr/agung)

Related Post

Tinggalkan Balasan