Manfaat Stroberi

[cml_media_alt id='727']gambar: skyhdwallpaper.com[/cml_media_alt] gambar: skyhdwallpaper.comMendengar kata stroberi, yang terbayang adalah buah berwarna merah ranum dengan rasa asam manis dan segar. Makanan dan minuman berbahan dasar stroberi disukai banyak orang di seluruh dunia, baik dikonsumsi segar, maupun dicampur dengan salad maupun yoghurt. Mereka menyukai stroberi bukan hanya karena rasanya yang enak, tetapi juga karena buah ini kaya manfaat bagi tubuh.Tanaman stroberi, selain buahnya dapat dimakan, ternyata daun dan akarnya juga dapat dimanfaatkan. Berikut ini manfaat dari masing-masing bagian tanaman:

Buah
Bagian yang dapat dimakan dari buah stroberi mencapai 96%, kandungan gizi per 100 gram buah adalah sebagai berikut:

Kandungan Gizi

Nilai Satuan

Air

92 g

Energi

30 Kkal

Protein

0,6 g

Lipid (total)

0,4 g

Karbohidrat

7 g

Serat

0,5 g

Abu

0,4 g

Kalsium

14 mg

Besi

0,4 mg

Magnesium

10 mg

Fosfor

19 mg

Kalium

166 mg

Natrium

1 mg

Zn, Cu, dan Mn

< 0,5mg

Vitamin C

56,7 mg

Lemak Jenuh

0,02 mg

Lemak tidak jenuh monolipid

0,052 mg

Lemak tidak jenuh polilipid

0,186 mg

Kolesterol

0

Fitosterol

12 mg

Asam amino

522 m

Sumber: Hancock, 1999

Buah stoberi mermiliki aktivitas antioksidan tinggi karena mengandung quercetin, ellagic acid, antosianin, dan kaempferol. Kandungan tersebut menjadikan stroberi sebagai alternatif yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko beberapa penyakit kanker dan memberikan dorongan positif terhadap kesehatan tubuh. Buah stoberi juga berguna untuk membantu penerapan zat besi dari sayuran yang dikonsumsi. Selain itu, buah stoberi dapat membantu proses diet dan baik bagi penderita diabeters. Buah stoberi juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, diantaranya obat jerawat, mempercantik kulit, memutihkan gigi, serta meningkatkan kekuatan otak dan penglihatan.

Daun

Daun stoberi berperan serbagai diuretic dan antireumatik. Selain mengandung ellagic acid, daun stoberi juga memiliki zat astringent. Lumatan daun stoberi berguna untuk mencegah pengeriputan kulit wajah.

Akar

Akar stoberi mengandung zat antiradang. Dengan meminum air rebusan akar tersebut dapat memulihkan pembengkakan akibat nyeri sendi dan asam urat. Akar stoberi juga bermanfaat sebagai obat diabetes.

Related Post

Tinggalkan Balasan