Magang Petugas BPSB Jambi

Dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia petugas pengawas benih tanaman propinsi Jambi melaksanakan magang di Balitjestro sejak tanggal 17- 19 Nopember 2009. Petugas yang mengikuti magang mempunyai jabatan yang cukup strategis yaitu sebagai koordinator pengawas benih  dan staf penilaian kultivar di UPTD Balai

Pengawasan Sertifikasi Perbenihan Tanaman Propinsi Jambi. Yang melatarbelakangi kegiatan magang yaitu keinginan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai alur produksi bibit jeruk bebas penyakit dan menambah wawasan mengenai hama/penyakit yang menyerang tanaman jeruk serta budidaya jeruk yang benar. Sehingga setelah mengikuti magang diharapkan dapat mengorganisir, mengkoordinasi pemeliharaan pohon induk di propinsi dan memperdalam teknologi tanaman jeruk dan buah subtropika lainnya.

Adapun materi yang diberikan adalah Pembibitan Jeruk Bebas Penyakit, Pengelolaan BF dan BPMT, Pengenalan Hama/Penyakit Tanaman Jeruk dan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat. Selain teori peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan praktek secara langsung di kebun pembibitan, pengamatan dan pengendalian hama/penyakit dilapang dan laboratorium.

Dengan senang hati dan penuh semangat peserta melakukan praktikum sambil berdiskusi tanpa mengenal waktu. Dari hasil evaluasi dan kuesioner yang diberi petugas, peserta menyatakan puas dengan pelayanan dan materi yang diberikan tetapi karena waktu yang dibatasi, peserta akan terus melakukan kontak dengan Balitjestro tentang hal lain yang belum diketahui.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event