Magang Perbenihan Jeruk Bebas Penyakit Petugas dan Petani Mimika Papua

mimika

Staf BBU-PTP Timika belajar perbenihan jeruk bebas penyakit di Balitjestro. Balai Benih yang baru beroperasi tahun ini meningkatkan ketrampilan stafnya melalui kegiatan magang  Perbenihan Jeruk Bebas Penyakit sistem klonal yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 11 September 2014.  Plt Kepala UPT BBU-PTP Bapak Subiyanto, SST mengikuti langsung kegiatan ini bersama 5 orang staf yang akan mengelola UPT BBU-PTP Timika. Didalam sambutannya pada acara pembukaan magang beliau menyampaikan keinginan dan harapannya agar dengan mengikuti pemagangan ini, peserta yang dikirimkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Mimika dapat mengetahui dan mengikuti secara langsung proses perbenihan jeruk bebas penyakit sehingga kedepan mampu menyediakan benih jeruk yang dibutuhkan oleh masyarakat di kabupaten Mimika.

Pemagangan yang berlangsung selama 4 hari berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Tindak lanjut kegiatan ini bapak Subiyanto memastikan kembali pemesanan benih pokok yang akan menjadi pohon induk perbanyakan tanaman di BBU-PTP Timika. Meski benih yang dipesan baru dapat tersedia tahun 2015, BBU_PTP Timika melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Mimika akan segera memulai pengadaan rumah kasa pohon induk jeruk bebas penyakit di BBU-PTP Timika.

Dalam acara penutupan, Plh Kepala Balai Dr. Ir. Harwanto berharap agar pemagangan kali ini bisa menjadi titik awal pengembangan jeruk di kabupaten Mimika. Beliau juga berpesan agar pohon induk yang nantinya akan disediakan Balitjestro dapat dipelihara dan dikelola dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat membawa manfaat yang luas bagi masyarakat setempat. [UNT/Balitjestro]

Related Post

Tinggalkan Balasan