Liputan : Magang Mendukung Kawasan Pengembangan Jeruk

Sebagai institusi penghasil inovasi teknologi budidaya tanaman Jeruk, Balitjestro diharapkan mampu mendiseminasikan hasil-hasil inovasi teknologi melalui berbagai upaya. Salah satu kegiatan diseminasi yang baru selesai dilaksanakan di Balitjestro 25 sampai 28 Nopember 2013 yang lalu adalah kegiatan Pemagangan Perbenihan dan Budidaya Jeruk Bebas Penyakit yang diikuti oleh petugas lapang dari berbagai wilayah sentra produksi jeruk seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Banyuwangi, Jember dan wilayah-wilayah sentra  lainnya. Disamping itu petugas lapang untuk wilayah pengembangan baru seperti Banjarnegara, Magetan, Lumajang, Tulungagung juga tidak luput dari sasaran pemagangan kali ini.

Melalui pemagangan ini diharapkan para petugas lapang dapat menyerap inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Balitjestro terutama yang berkaitan dengan perbenihan dan budidaya tanaman jeruk, meningkatkan ketrampilan mereka serta mampu mendampingi dan membantu petani jeruk di daerah masing-masing. Dengan demikian kesejahteraan petani meningkat, program pengembangan kawasan jeruk juga bisa dipercepat .

free1Acara dibuka oleh Kepala Balitjestro, Bapak Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP pada hari Senin, 25 Nopember 2013 pukul 09.00. Dalam sambutannya Kepala Balai meminta seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan magang untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Pemagangan kali ini dilaksanakan selama 4 hari dengan alokasi waktu 20 % berupa penyampaian materi di kelas, 60 % praktikum lapangan serta 20% fieldtrip. Seluruh instruktur merupakan peneliti dan teknisi Balitjestro yang memiliki kompetensi dibidangnya.  Antusiasme peserta yang berjumlah 24 orang terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang muncul disela-sela penyampaian materi.

free5Hari terakhir seluruh peserta mengikuti kunjungan lapang untuk melihat secara langsung kawasan jeruk di wilayah Selokerto Kecamatan Dau kabupaten Malang yang telah mencapai ratusan hektar. Keberhasilan petani jeruk di kecamatan Dau diharapkan mampu menyulut semangat peserta untuk mengembangkan kawasan jeruk diwilayah masing-masing. Demikian juga dengan kunjungan untuk mendengarkan kisah sukses CV Mitra Horti Mandiri sebagai produsen benih jeruk diharapkan mampu menumbuh kembangkan para penangkar jeruk yang mampu menghasilkan benih jeruk berkualitas.

Kesan dan pesan peserta disampaikan pada acara penutupan oleh Bahwanudin Batubara dari Solok Selatan yang merasa berterima kasih telah diberi kesempatan untuk mengikuti acara pemagangan. Kedepan diharapkan pemagangan dapat kembali dilaksanakan sehingga petugas lapang lainnya juga punya kesempatan untuk belajar. Acara ditutup oleh Plh Kepala Balai, Ir. Agus Sugiyatno pada pukul 13.30 WIB, beliau berpesan agar peserta dapat ikut menyebarluaskan pengetahuan dan ketrampilan yang didapat selama pemagangan kepada petani didaerah masing-masing.

Selamat jalan peserta pemagangan Perbenihan dan Budidaya Jeruk Bebas Penyakit, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. [UN]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event