Lengkeng Satu Jari

[cml_media_alt id='2076']lengkeng[/cml_media_alt]Lengkeng merupakan salah satu buah-buahan yang banyak diminati masyarakat. Rasanya yang manis dan segar memberikan daya tarik tersendiri. Saat ini budidaya lengkeng masih banyak yang di dataran tinggi karena banyak anggapan lengkeng hanya bisa ditanam di dataran tinggi. Namun varietas lengkeng sekarang banyak yang dapat ditanam di dataran rendah. Berbagai varietas itu antara lain diamond river, pingpong, itoh, dan masih banyak lagi varietas lainnya. Lengkeng sendiri banyak kita jumpai di toko-toko buah, supermarket maupun pasar tradisional di masyarakat.

Salah satu varietas lengkeng yang dikembangkan adalah lengkeng satu jari. Tanaman yang didapat dari Sri Rianawati penangkar dari Jakarta ini ditanam di dataran rendah pada ketinggian 50 mdpl di Probolinggo Jawa Timur.Media yang digunakan dalam penanaman tanaman ini menggunakan tanah urugan. Tanah yang digunakan agak berbatu karena bekas urugan bangunan. Tanaman ini mulai berbuah setelah ditanam kurang lebih satu bulan hasil dari transplanting . Setelah transplanting tanaman ini belum pernah dipupuk. Ketinggian tanaman pada saat berbuah sekitar 75 cm.

Ciri khas dari tanaman ini  daunnya agak pendek, panjang 16 cm, lebar 45 cm, hijau tua, ruas batang sangat pendek, letak tepat berhadapan dan rapat. Tajuk pertumbuhan cenderung ke atas, dan lebih kokoh, cocok untuk tabulampot. Kulit buah muda hijau muda, kulit buah matang gading, daging buah tebal, kering. Masa berbuah tanaman ini berkisar dua tahun setelah sambungan.

Untuk saat ini perlu pengamatan lebih lanjut mengenai kualitas buahnya (ketebalan daging buah) dan produktivitasnya agar bila terbukti unggul bisa dijadikan sumber mata tempel untuk diperbanyak.

 

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah