Perpustakaan

[cml_media_alt id='315']Buku Perpustakaan Balitjestro[/cml_media_alt]

Balitjestro memiliki unit perpustakaan khusus untuk menampung dan mengelola sejumlah bibliografi yang diperoleh baik dari pertukaran publikasi dengan lembaga penelitian lain dalam negeri, atau hibah dari sumber lain. Untuk mendukung kinerja perpustakaan terutama dalam pengelolaan sistem perpustakaan digital, perpustakaan Balitjestro dilengkapi dengan fasilitas seperti tiga komputer bagi para peneliti untuk mencari dan mendownload jurnal online berlangganan oleh Badan Litbang Pertanian. Aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan perpustakaan adalah CDS-ISIS dan Igloo yang diberikan oleh PUSTAKA Bogor untuk kepentingan standardisasi seluruh perpustakaan di bawah payung Badan Litbang Pertanian dengan sistem perpustakaan digital.

Selain komputer pribadi Balitjestro juga memiliki 1 unit mesin scanner yang bertindak untuk memindai dan mengubah teks manual cetak ke dalam file elektronik serta satu unit printer untuk mencetak file-file elektronik yang diperlukan. Saat ini perpustakaan memiliki dua jurnal online berlangganan yang diberikan oleh PUSTAKA Bogor. Jurnal online terintegrasi tersebut yaitu www.sciendirect.com dan www.proquest.com.

[cml_media_alt id='314']Perpustakaan Balitjestro[/cml_media_alt]Untuk kepentingan meningkatkan kapasitas peneliti terutama dalam memasok referensi kualitas terbaik, Balitjestro memberi perhatian serius terhadap ketersediaan buku-buku ilmiah. Oleh karena itu, upaya menambah koleksi buku-buku bahasa Inggris terutama dalam hubungannya dengan ilmu pertanian dilakukan setiap tahun walaupun jumlahnya tidak memadai. Sejak 2006 – 2008 perpustakaan Balitjestro telah memperoleh literatur bahasa Inggris baru seperti ilmu pertanian di berbagai disiplin ilmu (pemuliaan tanaman, bioteknologi, hama dan penyakit, statistik, teknologi informasi, dll) pada tahun 2006 berjumlah 110 buah, tahun 2007 berjumlah 13 dan pada tahun 2008 berjumlah 119.

Saat ini koleksi di perpustakaan Balitjestro ada 706 judul buku dan 22 judul jurnal/majalah. Dalam rangka untuk memperkaya daftar koleksi, psutakawan Balitjestro menggunakan fasilitas internet perpustakaan untuk mencari bahan online sesuai amanat Balitjestro. Selain menyediakan layanan untuk para peneliti Balitjestro, perpustakaan ini juga melayani siswa baik dari bidang pertanian atau umum, kelompok petani, dan masyarakat umum.