Kebun Percobaan

[cml_media_alt id='316']Kebun Percobaan Tlekung[/cml_media_alt]

Kebun Percobaan (KP) merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan penelitian, pengkajian dan pengembangan pertanian, oleh karena itu sudah saatnya peran kebun percobaan lebih ditingkatkan seperti halnya pada saat Badan Litbang berdiri, kebun percobaan idealnya menjadi Research Station yang high profile. Balitjestro mempunyai 5 KP yaitu KP Tlekung (di Batu), KP Punten (di Batu),KP Banaran (di Batu), KP Kliran (di Batu) dan KP Banjarsari (di Probolinggo).

Badan Litbang Pertanian melalui KP ke depan harus menghasilkan inovasi teknologi yang dipercaya dan hasil risetnya digunakan dan berdampak luas pada masyarakat, dua hal tersebut disebut sebagai scientific recognition dan impact recognition. Peran KP menjadi sentral untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas yang memenuhi kedua unsur tersebut.

Kebun percobaan dalam melaksanakan fungsinya perlu memiliki sarana dan prasarana yang memadai ,baik untuk mendukung kegiatan litkaji maupun untuk kegiatan – kegiatan diseminasi hasil – hasil penelitian dan pengkajian.

  1. Lokasi Penelitian dan Pengkajian
  2. Konservasi Koleksi Plasma Nutfah / Sumber Daya Genetik
  3. Produksi Benih Sumber
  4. Kebun Produsi
  5. Agrowidyawisata