Kunjungan Tim ACIAR di Sentra Pengembangan Jeruk dan Balitjestro

 
Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) yang bermitra dengan UGM dan Balitjestro, mengunjungi beberapa kebun milik petani di Dau, Jawa Timur (20/05). Kunjungan kali ini terkait dengan kegiatan penelitian mengenai penyakit Huanglongbing pada tanaman jeruk.
 
Huanglongbing atau biasa disingkat dengan nama HLB adalah penyakit penting yang menyerang tanaman jeruk. Di Indonesia, penyakit HLB lebih populer dengan sebutan citrus vein phloem degeneration atau disingkat dengan nama CVPD.
 
Kunjungan Tim ACIAR kali ini dihadiri oleh  Dr. Irene, Dr. Myles dan Dr. Jianhua Mo yang didampingi juga oleh Dr. Mufid dari UPN dan Dr. Achmad dari Instiper, Tim Peneliti Balitjestro dan Penyuluh dari BPP Dau, Kabupaten Malang. Kegiatan diawali dengan kunjungan ke 4 lokasi kebun milik petani di Dau, Jawa Timur untuk melihat hamparan tanaman jeruk dan kemungkinan adanya serangan HLB pada pertanaman milik petani.
 
Tim ACIAR juga berkesempatan untuk mengetahui gejala serangan penyakit HLB secara langsung dari tanaman kontrol positif HLB di rumah kasa milik Balitjestro. Acara diakhiri dengan kunjungan tim ke rumah kasa kebun IP2TP Punten untuk melihat alur pembuatan benih sumber tanaman jeruk.