Kunjungan Senior Expert PUM ke Balitjestro

Pada hari Rabu tanggal 18 Januari 2018, Balitjestro dikunjungi oleh Antoon Andela, Senior Expert dari organisasi PUM (Programma Uitzending Managers dalam Bahasa Belanda), suatu organisasi yang mewadahi para ahli dan wirausaha yang memberikan konsultasi untuk pengembangan usaha kecil dan menengah di negara-negara berkembang.

Mr Andela diundang oleh tim Kadin Jatim untuk membantu memperbaiki dan memberikan saran-saran dalam pengembangan usaha pertanaman apel yang diintegrasi dengan ternak dan usaha sampingan terkait di daerah Kota Batu. Selain mengunjungi kelompok tani untuk memberikan pelatihan mengenai teknik budidaya dan perbanyakan tanaman apel Mr Andela diajak untuk mengunjungi Balitjestro dalam rangka sharing informasi dan keahliannya yang terkait manajemen tanaman apel di lapang.
Mr Andela membahas mengenai penggunaan batang-bawah, cara perbanyakan batang bawah dan batang atas, pemeliharaan tanaman produksi di lapang sekaligus hama penyakit yang umum dan cara pengendaliannya.

Teknisi yang hadir juga berkesempatan belajar langsung di lapang mengenai cara pemangkasan dan pembentukan arsitektur pohon apel yang benar untuk mendukung pertumbuhan apel yang optimal.

Selanjutnya mengunjungi lahan kegiatan perbenihan apel di KP Tlekung. Kondisi batang bawah apel yang vigor dan sehat di lahan diapresiasi oleh Mr Andela. Sarannya adalah Balitjestro memerlukan pohon induk dan lahan khusus untuk batang bawah apel agar benih batang bawah yang dihasilkan dapat dijamin kualitasnya dari sumber materi perbanyakan dan keseragaman pertumbuhan. Selain kondisi batang bawah yang baik, Mr Andela mengapresiasi keterampilan pekerja di lapang yang dapat menjamin keberhasilan grafting hingga 95%. dengan memberikan hadiah berupa pisau okulasi buatan sendiri kepada yang bersangkutan.

Kunjungan Mr Andela dan Tim Kadin yang singkat namun padat informasi di Balitjestro sangat bermanfaat untuk peneliti dan teknisi dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen tanaman apel di lapang (bq)