Kunjungan Poktan “Budidaya II” Kecamatan Karangploso Malang Ke Balitjestro

dsc_8929

Selasa, 20/09/2016 Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan sepuluh petani jeruk yang membentuk kelompok tani bernama Poktan Budidaya II dari desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Mereka difasilitasi oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Penyuluhan, UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Karangploso untuk belajar mengenai budidaya tanaman jeruk yang baik dan benar di Balitjestro.

Profil Balitjestro dijelaskan secara singkat oleh salah satu teknisi di Balitjestro, Ir. Setiono, dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang teknik budidaya jeruk yang benar untuk mendukung agribisnis jeruk. Tahapan budidaya tanaman jeruk dijelaskan mulai dari persiapan lahan dan benih, penanaman, pemeliharaan, panen, sampai pascapanen.

Pada sesi penjelasan pengendalian OPT, petani dikenalkan dengan bubur California yang dapat diaplikasikan sebagai pestisida alternatif untuk mengatasi gangguan tanaman yang disebabkan oleh cendawan atau jamur dan jenis-jenis tertentu dari golongan akarina. Selain itu dijelaskan bahwa saat ini pembuatan bubur California tidak harus dilakukan perebusan namun hanya ditambah dengan detergen.

Semoga dengan kunjungan ini, wawasan petani Karangploso dapat bertambah dan diharapkan mereka bisa menerapkan dan mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari di Balitjestro. (fena)