Kunjungan Petugas DP3K Kabupaten Kendal Sebagai Inisiasi Rencana Pendampingan Pengembangan Jeruk

kendal

Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Kendal melakukan kunjungan ke Balitjestro, Kamis, 15/12/2016 dalam upaya mengembangkan agribisnis jeruk. Peserta kunjungan ada 9 orang yang terdiri dari Sekretaris, Kabid Horti, Kasi Horti, Kasi Tanaman Pangan, dan Bendahara.

Plh. Kepala Balitjestro, Bapak Langgeng Sutrisno SP menyambut baik kedatangan petugas DP3K Kabupaten Kendal dengan memberikan beberapa kata sambutan dan menyampaikan Profil Balitjestro secara singkat. Petugas DP3K juga menyampaikan maksud kunjungannya yang diwakili oleh Bapak Yulianto dimana disampaikan bahwa Kabupaten Kendal berencana kembali mengembangkan tanaman jeruk seperti puluhan tahun lalu. Tahun 1985, Kabupaten Kendal pernah mengembangkan jeruk namun sudah mati dan punah karena serangan CVPD. Mereka berencana akan membuat Demplot Tanaman Jeruk yang bisa menjadi percontohan untuk petani tembakau dan petani cengkeh yang direncanakan akan alih profesi menjadi petani jeruk. Untuk mendukung keberhasilan pengembangan jeruk di Kabupaten Kendal, DP3K Kabupaten Kendal mengharapkan adanya pendampingan dari Balitjestro mulai dari perbenihan, budidaya serta pelatihan atau pemagangan untuk PPL dan petani.

Kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan diskusi terkait prosedur pengadaan benih dan dilanjutkan dengan mengunjungi Kebun Percobaan Punten milik Balitjestro untuk melihat produksi benih jeruk bebas penyakit. Kunjungan kerja ini diharapkan dapat menginisiasi kerjasama antara Balitjestro dan DP3K Kabupaten Kendal dalam pendampingan pengembangan jeruk. (Trifena)

Agenda

no event