Kunjungan Peserta Workshop Pengendalian OPT Tanaman Jeruk di Balitjestro

[cml_media_alt id='2330']ditlin3[/cml_media_alt]Dalam salah satu kegiatan workshop “ Model Gerakan Pengendalian OPT  Skala Luas Pada Tanaman Jeruk” yang diselenggarakan oleh Direktorat Perlindungan Hortikultura melakukan kunjungan di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro),Selasa (30 April 2013). Acara ini digelar dalam rangka untuk mengatasi permasalahan mengenai serangan OPT pada tanaman jeruk sehingga produksi jeruk akan meningkat.

Dalam kunjungan yang diikuti oleh 50 peserta ini diterima langsung oleh Dr. Ir Muchdar Soedarjo kepala Balitjestro. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada peserta yang dengan semangat mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu dengan semangat nasionalisme diharapkan untuk lebih mencintai jeruk lokal dibanding impor. Karena jeruk dalam negeri kualitasnya tidak kalah dengan impor. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan semacam ini nantinya akan mampu diterapkan di daerah masing-masing agar permasalahan mengenai OPT dapat teratasi dan hasil produksi dapat meningkat sehingga kesejahteraan petani meningkat.

Para peserta workshop juga mendengarkan paparan presentasi mengenai Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS) yang disampaikan oleh Ir. Arry Supriyanto, MS. PTKJS sangat diperlukan untuk mendukung pembangunan agribisnis jeruk yang tangguh. Dengan teknologi ini diharapkan hama dan penyakit dapat dikendalikan sehingga produksi jeruk akan meningkat.

Selain mendapatkan paparan mengenai PTKJS peserta juga mengunjungi visitor plot jeruk Balitjestro untuk melihat penerapan PTKJS. Disini peserta juga diajak untuk melihat dan mempraktekkan cara mengendalikan hama penyakit yang ramah linkungan dengan prototype alat Bark Pesticide Aplikator (BPA). Dengan penggunaan alat ini akan lebih mudah dalam melakukan pengendalian hama sekaligus menyelamatkan musuh-musuh alami OPT tanaman jeruk.

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event