Kunjungan Ilmiah IMAGRO, UGM di Balitjestro

Kamis 25/01/2018, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan 37 orang mahasiswa Program Studi Agronomi, Departemen Budidaya Pertanian dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta yang terhimpun dalam Ikatan Mahasiswa Agronomi dan Pemuliaan Tanaman (IMAGRO) dengan didampingi 1 orang dosen pendamping.

Kegiatan kunjungan diawali dengan sambutan dari Dosen Pendamping, Rani Agustina, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai profil Balitjestro oleh Umi Nurul Taflikhah yang mewakili Kepala Balitjestro. Beliau menjelaskan tentang beberapa varietas jeruk, apel, anggur yang telah dilepas serta inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Hasil penelitian Balitjestro disebarluaskan melalui kegiatan pameran, kegiatan pendampingan teknologi, leaflet, banner, website bahkan media sosial seperti facebook, twitter, google plus, instagram, path, dan youtube. Selain itu diinformasikan juga bahwa Balitjestro memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang ingin melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan/ Magang belajar di Balitjestro dengan syarat melayangkan surat permohonan beberapa bulan sebelumnya.

Setelah itu mereka dipandu menuju kebun apel untuk mendengarkan penjelasan mengenai budidaya tanaman apel oleh salah satu teknisi di Balitjestro, Didiek Kristianto, dan dilanjutkan ke kebun jeruk untuk mendengarkan penjelasan dari Setiono. Dengan kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi kepada para mahasiswa tentang budidaya tanaman apel dan jeruk beserta inovasi teknologi yang dapat diterapkan untuk mendukung pembelajaran di perkuliahan mereka.