Kunjungan Lapang Mahasiswa ITS di Balitjestro

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan kuliah lapangan (KULAP) 96 mahasiswa semester 4 Departemen Statistika, Fakultas MIPA dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya didampingi oleh 3 dosen pembimbing, Senin, 09/04/2018.

Perwakilan dari ITS, Dr. Sutikno, SSi. MSi, selaku dosen mata kuliah Desain Eksperimen, menyampaikan maksud kunjungan mereka ke Balitjestro yaitu dalam rangka penerapan ilmu statistika dalam dunia kerja, khususnya Mata Kuliah Desain Eksperimen. Dr. Ir. Anang Triwiratno, MP., Kasi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian, mewakili Kepala Balitjestro menerima kunjungan tersebut dan dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai profil Balitjestro. Selanjutnya dijelaskan tentang sekilas profil Balitjestro dan informasi varietas tanaman jeruk, apel, anggur, lengkeng, stroberi yang merupakan mandat Balitjestro. Selain itu juga dijelaskan beberapa inovasi teknologi yang telah dihasilkan Balitbangtan dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia.

Selanjutnya mahasiswa diberi penjelasan mengenai desain eksperimen oleh perwakilan peneliti di Balitjestro yaitu Dita Agisimanto, Sri Widyaningsih dan Farida Yulianti yang ditanggapi dengan beberapa pertanyaan dari mahasiswa. Para peneliti menjelaskan rancangan apa saja yang dipakai untuk menganalisis hasil penelitiannya serta beberapa antisipasi kegagalan penelitian. Setelah itu beberapa mahasiswa dipandu menuju laboratorium dan sebagian besar menuju kebun untuk mendengarkan penjelasan lebih dalam mengenai pengambilan sampel penelitian, analisis data, dan pemecahan masalah data penelitian yang dipandu oleh Sutopo.

Dengan kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan berpikir mahasiswa mengenai penerapan teori yang telah dipelajari pada mata kuliah desain eksperimen dalam dunia kerja, khususnya di bidang pertanian. (Trifena)