Kunjungan Kerja Komisi B DPRD dan Dinas Pertanian Kabupaten Sambas

Rabu, 13 Desember 2017 Balitjestro menerima kunjungan kerja dari Komisi B (Perekonomian dan Keuangan) DPRD Kabupaten Sambas dan Dinas Pertanian Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

H.Abubakar mewakili Ketua DPRD menyampaikan maksud kunjungan untuk melakukan studi banding terkait dengan pengembangan jeruk siam dan turunan olahannya di Kabupaten Sambas. Kunjungan ini didorong karena adanya permasalahan penyakit CVPD dan turunnya harga jeruk yang merugikan petani disana.
Susi Wuryantini, salah satu peneliti Balitjestro mewakili Kepala Balitjestro menyambut baik kunjungan tersebut dan dilanjutkan dengan penjelasan dari Arry Supriyanto mengenai Upaya Mengembalikan Kejayaan Agribisnis Sambas. Penjelasan tersebut berisi tentang pentingnya penggunaan benih berlabel, cara pengendalian penyakit CVPD yang optimal dan pengenalan teknologi pembuahan sepanjang tahun (bujangseta).
Balitjestro juga telah memulai kegiatan penelitian klusterisasi penangkaran benih jeruk di kawasan Sambas, penanaman benih jeruk baru di kawasan eks endemis CVPD di Kecamatan Tebas, pendampingan perluasan areal penanaman jeruk di Kecamatan Sebawi, dan penguatan kelembagaan petani.

Diharapkan dengan beberapa kegiatan tersebut yang didukung dengan koordinasi pemerintah setempat akan dapat mengembalikan kejayaan agribisnis di Sambas.
Selanjutnya rombongan dibawa ke Kebun Perbenihan Balitjestro di Punten untuk melihat alur proses perbenihan jeruk, dipandu oleh Kusnan, Kepala Kebun. (Trifena)