Kunjungan Kerja Biro Perencanaan Kementerian Pertanian ke Balitjestro

ZHF_9494

Biro Perencanaan Kementerian Pertanian pada Sabtu 30 Juli 2016 mengunjungi Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika. Kepala Biro Perencanaan Dr. Kasdi Subagyono, M.Sc dan rombongan mendatangi Kebun Percobaan Punten untuk meninjau perkembangan Kebun Percobaan dan berbagai program di lapang. Sebagaimana tugas pokok dan fungsinya, biro perencanaan bertugas untuk melaksanakan koordinasi dan penyusunan rencana dan program Kementerian Pertanian.

Rombongan disambut oleh Kepala Balitjestro, Dr. Joko Susilo Utomo, Kasia Yantek Dr. Harwanto, KTU Langgeng Sutrisno dan Kepala Kebun Punten Kusnan. Dalam kesempatan keliling kebun percobaan ini, beliau mengapresiasi kinerja KP Punten dan mengharap varietas-varietas unggulan terus diperkuat diseminasinya. Jeruk unggulan kita banyak dan bagus-bagus produknya, namun masih belum populer di kalangan masyarakat umum. Balitjestro dan jajarannya harus meningkatkan pola diseminasi dan terus mengevaluasi perkembangannya.

Selepas mengunjungi KP Punten, rombongan menuju Balitjestro di Tlekung dan diterima di aula. Dr. Joko Susilo Utomo memperkenalkan sekilas mengenai Balitjestro dan berbagai usaha yang dilakukan untuk memperkuat diseminasi, salah satunya melalui media sosial. Lebih lanjut, Dr. Harwanto menjelaskan profil Balitjestro secara lengkap, mulai dari profil SDM, anggaran dan berbagai penelitian dan inovasi yang telah dilakukan.

Kasdi Subagyono dalam kesempatan mengelilingi Kebun Percobaan Tlekung banyak menyoroti mengenai anggaran dan perencanaan yang telah dilakukan oleh Balitjestro. Anggaran penelitian dan pemeliharaan Balitjestro memang kecil dibandingkan kebutuhan yang seharusnya, namun dengan anggaran yang ada, tanaman dan berbagai penelitan dapat berjalan dengan cukup baik. Balitjestro terus berupaya meningkatkan kinerja dan mendukung program pemerintah pusat. Salah satu even terdekat yaitu BITE 2016 dimana dengan interaksi langsung diharapkan akan mendapat feedback dari masyarakat umum. Apalagi setidaknya 1000 peserta kursus gratis sudah konfirmasi hadir. Diperkirakan lebih dari 3000 pengunjung akan memadati area Balitjestro di Jalan Raya Tlekung, Batu.

Pada kesempatan ini, rombongan sebanyak 100 orang berkesempatan pula melakukan petik jeruk di KP Tlekung. Jeruk yang sudah mulai menguning sangat menarik dan tentunya kesempatan ini tidak disia-siakan untuk mengambil dokumentasi. Pertanyaan-pertanyaan menarik ditujukan ke peneliti dan teknisi yang mendampingi. Selain nama varietas, sebaran panen jeruk, lahan minimal untuk BEP, cara perawatan, ditanyakan pula penelitian-penelitian apa saja yang dilakukan di kebun. Apakah sifatnya jangka pendek atau jangka panjang misalnya 5 tahun. Tak lupa apa saja hambatan-hambatan yang ada, khususnya dalam pemeliharaan aset, plasma nutfah dan program penelitian.

Tentunya dengan mengunjungi lapang, bagian perencanaan akan semakin tahu kebutuhan dan prioritas program. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga berkesan dengan jeruk nusantara. Mari terus dukung pengembangan jeruk Indonesia. [z@in]

Related Post

Tinggalkan Balasan