Kunjungan dan Workshop Tanaman Jeruk dalam rangka program linkages ACIAR-SADI

[cml_media_alt id='1798']ACIAR Indonesia - Balitjestro[/cml_media_alt]Balitjestro bekerjasama dengan ACIAR-SADI  (Australian Centre for International Agricultural Research – Smallholder Agribusiness Development Initiative) menyelenggarakan program Kunjungan dan Workshop Tanaman Jeruk dalam rangka program linkages ACIAR-SADI di Tlekung, Batu. Linkage visit ke Balitjestro ini bertujuan untuk meningkatkan keterkaitan penelitian dan pengembangan antara lembaga penelitian dan pengembangan di tingkat propinsi dengan Balitjestro, secara khusus tujuan program ini antara lain :

  1. Memberikan update kepada para peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan tingkat propinsi mengenai sejumlah hasil penelitian tanaman jeruk yang bisa diterapkan atau yang bisa ditindaklanjuti dengan penelitian adaptif di tempatnya masing-masing.
  2. Memberikan kesempatan kepada para peneliti di tingkat propinsi untuk mempelajari pengetahuan dan ketrampilan baru yang berkaitan dengan penelitian tanaman jeruk.
  3. Mendorong terbangunnya networking berkelanjutan antara lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan di tingkat propinsi dengan Balitjestro.

[cml_media_alt id='1799']Kunjungan dan Workshop Tanaman Jeruk dalam rangka program linkages ACIAR-SADI[/cml_media_alt]Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program ini yaitu :

  1. Kunjungan ke laboratorium, perpustakaan, kebun pembibitan dan fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki Balitjestro.
  2. Pelatihan tentang pembibitan, produksi dan pascapanen jeruk.
  3. Presentasi dan diskusi mengenai topik-topik yang relevan dengan jeruk dan buah subtropika.
  4. Kunjungan ke sentra produksi dan pengolahan kulit pamelo untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai tanaman jeruk.

Peserta kegiatan berjumlah 18 orang. Peserta berasal dari empat provinsi dimana program ACIAR-SADI dilaksanakan dan satu orang dari BBP2TP-Bogor. 10 orang diantaranya berasal dari BPTP/BBP2TP, 5 dari dinas/Balitbangda, 2 dari universitas dan 1 orang petani/penangkar.

Presentasi dan diskusi mengenai rencana tindak lanjut dilakukan pada hari terakhir. Rencana tindak lanjut ini mengetengahkan peluang dan tantangan yang dihadapi para peserta di institusi atau daerah masing-masing dan solusi yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event