Kunjungan Belajar Petani Tulungagung di Balitjestro

Selasa 24/07/2018, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) menerima kunjungan 51 orang dari Tulungagung yang terdiri dari petani dan petugas Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Tujuan mereka datang ke Balitjestro adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang teknologi budidaya dan perbenihan jeruk, terkait dengan bantuan benih jeruk yang diterima mereka beberapa minggu yang lalu. Hal ini disampaikan dalam sambutan ketua rombongan, Mahmudi, mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, Suprapti. Seperti diketahui, Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan khususnya Balitjestro membagikan sejuta benih jeruk gratis untuk rakyat. Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung mengajukan permintaan sebanyak 36.000 benih jeruk yang terdiri dari beberapa jenis jeruk dan sudah terealisasi pendistribusian 8.000 benih. Suprapti menambahkan bahwa mereka ingin mengembalikan jeruk siam di Tulungagung yang sempat berjaya namun pada tahun 80-an terserang penyakit CVPD.

Koordinator Jasa Penelitian, Agus Sugiyatno, menyambut baik kedatangan mereka dan menyampaikan Profil Balitjestro serta inovasi teknologi pengembangan jeruk di Balitjestro. Hal ini terkait dengan misi Balitjestro untuk menyebarluaskan teknologi kepada pengguna/masyarakat. Banyak petani dan petugas dari BPP Ngantru yang antusias bertanya mengenai budidaya tanaman jeruk, salah satunya Arief yang menanyakan tentang pembuatan bubur California tanpa perebusan.

Setelah penjelasan dirasa cukup, peserta kunjungan diperbolehkan ke kebun didampingi oleh Sutopo untuk memetik jeruk langsung dari pohonnya, namun tentunya dengan pengetahuan cara memetik jeruk yang benar yang sudah disampaikan sebelumnya. Kunjungan dilanjutkan ke Kebun Percobaan (KP) Punten untuk belajar mengenai perbenihan yang disampaikan oleh Kusnan, Kepala KP Punten.

Kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan informasi petani dan petugas untuk membudidayakan tanaman jeruk yang sudah disalurkan gratis untuk mereka. (Trifena)

Agenda

no event