Solok Siap Membangun Agrowisata Jeruk dan Buah Subtropika

solsel

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat berencana mengembangkan agrowisata sesuai potensi wilayahnya  yang berada pada agroklimat dataran tinggi. Komoditas yang rencananya akan dikembangkan adalah jeruk, apel dan stroberi. Untuk itu, Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kabupaten Solok Selatan yang dijabat oleh Istri Wakil Bupati Solok Selatan yaitu Ibu Ayu Abdul Rahman mengunjungi Balitjestro, Kamis, 20/10/2016. Beliau berkunjung bersama tim dari GOW dan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan untuk melihat dan belajar tentang komoditas tersebut.

Kunjungan diterima dan disambut baik oleh Kepala Balitjestro, Joko Susilo Utomo, yang didampingi oleh Anang Triwiratno, salah satu peneliti senior di Balitjestro. Ibu Ayu sangat tertarik untuk mengembangkan stroberi varietas Hachiko yang buahnya berwarna merah muda dan berasa manis sedikit asam. Dari rencana ini akan diusulkan adanya MoU antara Balitbangtan dengan Pemkab Solok Selatan untuk mendampingi program tersebut. Tim sangat tertarik dengan jeruk berwarna oranye seperti varietas Keprok Batu 55 dan Keprok SoE. Selain itu akan dikembangkan varietas-varietas jeruk yang baru dilepas oleh Balitjestro diantaranya Montaji, Nimas, dan Sitaya Agrihorti.

ayu-abdul-rahman

Selanjutnya Ibu Ayu beserta tim berkunjung ke Ketua GOW Kota Batu dan Diperta Kota Batu untuk menikmati wisata petik apel.(Anang Triwiratno)

Related Post