Kunjungan Anggota Dewan dalam Rangka Pengembangan Kawasan Jeruk di Magetan

Dalam rangka pengembangan kawasan jeruk di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Anggota komisi B DPRD Kabupaten  Magetan, dan Dinas Pertanian Kabupaten Magetan mengadakan kunjungan di Balitjestro, Selasa (18/09/2012).

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperoleh wawasan dan pengetahuan tentang budidaya jeruk yang sehat dalam usaha meningkatkan hasil produksi  jeruk dan sebagai pendorong dalam usaha pengembangan selanjutnya. Saat ini jeruk yang berkembang di Magetan yaitu Pamello yang telah menjadi produk unggulan lokal maupun nasional. Balitjestro sebelumnya telah melakukan pendampingan mengenai pengembangan jeruk Pamello ini hingga para petani mampu mengembangkan sendiri tanaman jeruk pamello hingga saat ini.

Dalam sambutannya Ketua Komisi B DPRD Suratman, SP menjelaskan mengenai rencana perluasan dalam membangun kawasan jeruk di Magetan. Setelah keberhasilan Pamello magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan berencana membangun kawasan jeruk Keprok sesuai dengan arahan dari Dirjen Hortikultura dan didukung dengan  kondisi lahan yang mendukung untuk ditanami Jeruk Keprok.

Untuk itu diharapkan perlu adanya komitmen dengan Pemerintah Daerah dan pendampingan dari Balitjestro dalam usaha pengembangan kawasan jeruk tersebut. Selain itu lebih lanjut dijelaskan mengenai rencana pendampingan dengan pola yang akan disepakati bersama. Dalam rencana tahun 2013 telah dianggarkan sebanyak 600 juta yang dipergunakan untuk membangun kawasan jeruk terutama keprok di Magetan. Untuk itu perlu adanya dukungan dan pendampingan dari Balitjestro agar rencana tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan.

Menanggapi kunjungan tersebut, Kepala Balitjestro Dr.Ir. Muchdar Soedarjo, Msc  memberikan apresiasi positif mengenai rencana pengembangan kawasan jeruk keprok di Magetan. Selain sebagai balai penelitian Balitjestro juga memberikan pelayanan teknologi kepada masyarakat terutama petani untuk dapat  dimanfaatkan sehingga akan meningkatkan hasil produksi dari petani.  Balitjestro sendiri siap untuk memberikan pendampingan maupun kawalan teknologi dalam pengembangan kawasan jeruk keprok di Magetan.  Untuk itu diharapkan adanya komunikasi yang terjalin antara pihak-pihak terkait sehingga akan lebih mempermudah dalam mengembangkan kawasan jeruk.

Tinggalkan Balasan

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah