KP Banjarsari Probolinggo Tambah Koleksi Plasma Nutfah Lengkeng dan Jeruk

Panen Lengkeng di Kebun Percobaan BanjarsariKebun Percobaan (KP) Banjarsari selama ini dikenal sebagai koleksi anggur menambah koleksi lengkeng dataran rendah dan jeruk. Penanaman plasma nutfah lengkeng dataran rendah dan jeruk untuk mengoptimalkan lahan yang masih kosong dan sebagai upaya optimalisasi karakterisasi yang selama ini hanya dilakukan di dataran tinggi.

Tim plasma nutfah melakukan pengamatan terhadap lengkeng dataran rendah dan jeruk yang tahun lalu ditanam. Tahun 2014 ini terdapat 8 varietas lengkeng dataran rendah dan 66 varietas jeruk. Plasma nutfah jeruk terdiri dari 24 jeruk keprok, 20 jeruk pamelo, 6 jeruk siam, 10 jeruk manis dan 6 jeruk aromatik.

Sukadi kepala KP Banjarsari melaporkan bahwa saat ini KP Banjarsari telah memiliki 1020 pohon anggur, ada 8 PIT yang sudah diterminasi (8 varietas) yang dapat digunakan sebagai sumber entris/stek untuk benih pokok. Dengan tambahnya koleksi lengkeng dataran rendah dan jeruk, KP Banjarsari semakin lengkap untuk penelitian komoditas Balitjestro.

Perawatan tanaman jeruk di KP Banjarsari

Tim plasma nutfah jeruk, Hasim dan Yani melakukan pengecekan nama varietas dan pelabelan tanaman jeruk yang sudah ditanam tahun 2013 yang lalu. Sedangkan Buyung Al Fanshuri melakukan panen lengkeng “diamond river” sebanyak 20 kg untuk 1 pohon yang akan digunakan untuk penelitian bawang bawah dan penanganan pasca panen.  [zh]

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event