Koordinasi Program Strategis Kementan, Ajang Diseminasi Jeruk Nusantara

Jalan SehatPemandangan Balitjestro, Rabu, 19/8, terasa berbeda dibanding hari biasanya. Semarak umbul-umbul dan spanduk selamat datang menjadi pertanda Balitjestro memiliki hajatan spesial. Kali ini bertepatan dengan kemeriahan HUT RI ke-70, Balitjestro menyelenggarakan Koordinasi Program Strategis Kementan.

Gawe ini terasa meriah karena segenap keluarga besar Balitjestro dan tamu undangan baik dari UPT Kementan lingkup Jawa Timur, Muspika serta dinas setempat turut hadir. Mereka berjajar di halaman depan mengikuti jalan sehat sebagai rangkaian pertama dari kegiatan yang sedianya berlangsung sehari penuh.

Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, MP, membuka acara dan melepas barisan jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 300-an peserta. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang diseminasi Balitjestro atas eksistensinya mengembangkan jeruk nusantara. Beliau juga menghimbau agar masyarakat lebih memilih buah nusantara dibanding impor yang diolah dan dikemas sedemikian rupa untuk negara empat musim.

Jalan sehat mengambil rute sekitaran Balitjestro sejauh 4 km dan berakhir di pintu masuk kebun Tlekung bagian barat. Tampak peluh peserta karena rute cukup menanjak tapi tetap penuh semangat. Terbukti mereka menikmati pertandingan bola voli persahabatan antara Tim Balitjestro, dan Polwan dari Polres Batu, meski matahari beranjak terasa terik.

Kegiatan semakin terasa spesial di akhir acara. Tidak lagi peduli panasnya udara dan lelah yang tersisa, peserta antusias memenuhi hasrat paling utama berpartisipasi di sini. Petik jeruk. Ya, sepuasnya undangan dapat memetik dan merasakan sensasi kesegaran buah komoditas utama Balitjestro ini di lokasi kebun Tlekung. Kecuali jika pengunjung menenteng pulang jeruk, akan ditimbang dan dikenakan tarif per kilonya.

Inilah momen yang menjadi pertanda dimulainya musim panen jeruk di Balitjestro. Masa yang banyak ditunggu stake holder juga masyarakat umum untuk dapat merasakan sensasi petik jeruk serasa di kebun sendiri. Tidak kah Anda tertarik turut merasakannya? (Dyah**)

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event