Koordinasi pengembangan hortikultura berorientasi ekspor

Balitjestro oleh Kementan ditunjuk sebagai pusat peningkatan kemampuan petani sekaligus sentral hortikultura di wilayah Jawa Timur .

Sebagai langkah awal untuk mengembangkan komoditas berorientasi ekspor, dilakukan pertemuan dengan pelaku agribisnis, Rabu 26/12/2018

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari pelaku agribisnis hortikultura di Kota Batu dan Kabupaten Malang. Selain itu pula hadir perwakilan Dinas pertanian Kota Batu dan Malang serta Balitjestro sendiri.

Acara ini dibuka oleh Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si. Selanjutnya disampaikan kegiatan ini diharapkan dapat menentukan  rencana, program ke depan agar bisa terlaksana sesuai harapan.

Dalam pembahasannya diperlukan adanya kualitas maupun kuantitas komoditas yang sesuai standar ekspor. Baik dari sisi on farm maupun off farmnya. SOP diperlukan untuk menata pengembangan dan pemasaran produk.

Balitjestro diharapkan memberikan pelatihan dan pembinaan ke petani. Selain itu bisa mendukung dengan informasi standarisasi, serta memberikan teknologi budidaya yang sesuai agar kualitas baik sesuai standar yang berlaku.