Koordinasi Pengelola TIK untuk Pembangunan Pertanian Indonesia

Koordinasi TIK Balitbangtan (1)Badan Litbang Pertanian mengadakan koordinasi pengelola TIK Balitbangtan di Bandung pada 26-28 Agustus 2015. Tema koordinasi kali ini adalah TIK untuk Pembangunan Pertanian Indonesia. Peserta adalah seluruh UPT lingkup Badan Litbang Pertanian se-Indonesia. Peserta dari Balitjestro yaitu Zainuri Hanif dan Saiful Iskandar.

Koordinasi kali ini selain mengevaluasi perkembangan website juga menekankan seluruh pengelola agar mengembangkan dan membangun aplikasi yang membantu kelancaran administrasi kantor, menyediakan data bagi peneliti dan menyediakan informasi yang bisa diakses masyarakat luas seperti Katam (Kalender Tanam Terpadu).

Pada hari pertama, dipresentasikan sistem informasi perbenihan tanaman pangan, sistem informasi hortikultura, sistem informasi perpustakaan pertanian, IGAS (Informasi Geospasial dan Analisis Sistem) dan Bio Informatika.

Materi IGAS disampaikan oleh Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr. Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. IGAS diperlukan sebagai rekomendasi kebijakan integratif, kuantitatif, antisipatif, tepat dan cepat. Kondisi wilayah Indonesia yang sangat luas, dengan kondisi iklim eratik, multi agroekosistem, dan multi komoditas membuat perencanaan matang dalam memenuhi kebutuhan pangan perlu dilakukan. Untuk meningkatkan efisiensi dan distribusi sarana dan produksi pertanian sistem IGAS dapat memberi gambaran utuh agar pengambil kebijakan mendapatkan informasi yang integral.

Peta Kesesuaian Lahan Bawang Merah

Dr. Ir. Karden Mulya, M.Sc menjelaskan mengenai bioinformatika yang sekarang ini menjadi konsen BB Biogen. Bioinformatika adalah sebuah bidang ilmu yang menggabungkan ilmu informatika dan ilmu hayati. Bioinformatika berusaha mendekati permasalahan biologis dan input data hayati dengan aneka teknik komputasi sehingga memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang suatu proses atau sistem hayati. Era penelitian pertanian bioinformatika ke depan berbasis genom dengan perangkat dan software bioinformatika yang diperlukan untuk menganalisa data genomis.

Pada koordinasi kali ini, Balai Besar atau Puslit yang mewakili UPT dibawahnya mempresentasikan hasil yang telah dicapai selama ini dan program ke depan yang akan dilakukan (road map pengembangan). Pengelola TIK dapat belajar dari pengalaman di UPT lain sehingga berbagai ide dan kreatifitas dapat diterapkan juga di kantor masing-masing.

Berbagai Aplikasi Badan Litbang Pertanian yang saat ini terus dikembangkan yaitu:

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event