Koleksi SDG Lengkeng di KP Banjarsari Berbuah Lebat

Koleksi Sumber Daya Genetik (SDG) tanaman lengkeng (Dimocarpus longan Lour) Balitjestro ditanam di dua kebun percobaan (KP) yaitu Tlekung dan Banjarsari. KP Tlekung mewakili daerah dataran tinggi (950 m dpl) sedangkan KP Banjarsari dataran rendah (2 m dpl).

Tanaman koleksi SDG lengkeng yang ditanam di KP Banjarsari berjumlah 8 aksesi dengan jumlah tanaman 69. Berdasarkan cara pembungaannya koleksi tersebut terbagi menjadi dua, yaitu berbunga secara alami dan dengan induksi. Teknologi induksi pembungaan dilakukan adalah secara kimia.

Aksesi yang berbunga dengan cara diinduksi bisa mulai dibungakan ketika umur 2 tahun. Pada umur tersebut dengan pemeliharaan yang optimal dapat membentuk vigor tanaman dengan  tinggi ± 2 m. Jika vigor tanaman tidak optimal maka belum dapat dilakukan induksi pembungaan. Ada 3 aksesi yang berumur 2 tahun yang diinduksi dengan hasil yang memuaskan, semuanya berbunga dan berbuah lebat. Buah yang lebat menyebabkan tangkai daun merunduk sehingga perlu disangga. Dikarenakan musim panen yang tidak bersamaan dengan buah lain maka ada sebagian yang terserang hama kelelawar meskipun sudah diantisipasi sebelumnya.

Berita  : Buyung Al Fanshuri & Sukadi  Foto: Fajar

Tinggalkan Balasan