KIT deteksi cepat, mudahkan kenali gejala Huanglongbing secara isothermal

Kit deteksi cepat HLB

Penyakit Huanglongbing (HLB) atau sering dikenal dengan CVPD merupakan salah satu momok bagi petani jeruk. Penyakit ini dapat menghancurkan suatu kawasan jeruk apabila tidak segera tertangani dengan cepat.

Sampai saat ini belum ada obat yang mampu mengobati penyakit ini sehingga yang diperlukan adalah pengendalian dari serangga penular yaitu Diaphorina citri dan pendeteksian secara dini akan gejala penyakit tersebut.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balitjestro telah menghasilkan inovasi deteksi cepat HLB melalui kit yang diciptakan oleh peneliti Ir. Nurhadi M.Sc dan Yunimar, S.Si, M.Si.

Dalam keterangan tertulis (11/01/2019) dijelaskan bahwa kit deteksi ini dikembangkan dengan platform Loop-mediated Isothermal Amplification (LAMP), suatu teknik amplifikasi DNA secara isothermal.

Kit ini terdiri dari 3 komponen yang dikemas dalam kemasan kedap udara yang terdiri :

  1. Buffer ekstraksi DNA
  2. Campuran reaksi LAMP dalam bentuk kering beku
  3. Buffer reconstitute

Aplikasi dari kit ini sangat mudah dan sederhana karena tidak memerlukan SDM berkeahlian/berketrampilan khusus dan juga tidak memerlukan laboratorium khusus dan fasilitas peralatan modern.

Dalam prosedurnya alat ini cepat dalam medeteksi karena hanya memelukan waktu 60-75 menit dan hanya spesifik dan sensitif dalam mendeteksi DNA bakteri penyebab CVPD.

Kit deteksi ini berpotensi dikembangkan di kawasan pengembangan jeruk endemis CVPD sebagai alat bantu dalam memastikan penyebab gejala dan kecepatan pengambilan keputusan dalam penanganan resiko outbreak insiden CVPD.

Kit ini telah mendapatkan hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI atas invensi “KIT UNTUK DETEKSI CEPAT PENYAKIT HUANGLONGBING (HLB) SECARA ISOTHERMAL”.

Dengan alat ini akan memudahkan bagi petani untuk mendeteksi secara cepat gejala penyakit HLB sehingga akan menghindari dampak yang akan meluas.

Agenda
Tanggal Kegiatan
Rabu, 16 Oktober 2019 Kunjungan Industri – SMKN 1 Gondang Nganjuk
Rabu, 16 Oktober 2019 Studi Banding oleh Diperta Kab. Tulungagung
Jumat, 15 November 2019 SMA IT Al- Hikmah