Kit Deteksi Cepat HLB Ditampilkan dalam HSS/ISSH 2019

DOWNLOAD NOW!
Peneliti Balitjestro Yunimar, S. Si, M. Si mempresentasikan pengembangan Kit deteksi cepat HLB dalam symposium HSS/ISSH di Bogor. Foto : Baiq Dina

The 409th Symposium Sustainable Humanosphere / 9th International Symposium on Sustainable Humanosphere (HSS/ISSH) dengan tema Integrated Smart Technology and Society for Sustainable Humanosphere diselenggarakan di Hotel Grand Savero Bogor selama 2 hari dari tanggal 28-29 Oktober 2019.

Komite penyelenggara adalah Pusat Penelitian Biomaterial LIPI. Symposium dibuka oleh Prof Enny Sudarmonowati, Deputy Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI dan opening remark oleh Prof Takashi Watanabe dari Kyoto University. 

Walikota Bogor, Dr Bima Arya juga hadir memberikan ucapan selamat datang kepada peserta dan sempat memberikan presentasi untuk mengenalkan potensi dan keunikan kota Bogor.

Symposium ini dihadiri oleh peserta dari lima negara yaitu Jepang, Perancis, Malaysia, Thailand dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Balitjestro ikut berperan serta dalam symposium yang diwakili Yunimar, MSi sebagai pembicara undangan dengan memberikan kuliah tentang Pengembangan Kit Deteksi Cepat HLB . Kit ini sudah mendapatkan HAKI dari Kemenkumham tahun 2018.

Kit ini sendiri merupakan teknologi untuk mendeteksi secara cepat penyakit HLB untuk mencegah penyebaran penyakit HLB.  Sampai saat ini penyakit ini belum ada obatnya sehingga diperlukan deteksi secara dini.

Kit deteksi ini dikembangkan dengan platform Loop-mediated Isothermal Amplification (LAMP), suatu teknik amplifikasi DNA secara isothermal.

Alat ini berpotensi dikembangkan di kawasan pengembangan jeruk endemis CVPD sebagai alat bantu dalam memastikan penyebab gejala dan kecepatan pengambilan keputusan dalam penanganan resiko outbreak insiden HLB.

Selain kuliah tersebut, terdapat kelas paralel dan presentasi singkat poster dimana peserta symposium menyajikan hasil penelitiannya. (fajar/baiq/balitjestro)

Agenda

no event