Keprok Brastepu, jeruk asal Karo dengan rasa manis dan warna menarik

Kekayaan Sumber Daya Genetik  jeruk di Indonesia tersebar dari Aceh sampai Papua. Keprok Brastepu merupakan salah satu jenis jeruk keprok yang memiliki keunggulan akan rasa dan warnanya yang menarik yaitu  oranye  .

Jeruk ini berasal  dari  Desa Kubu Colia Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Keprok Brastepu  dilepas  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 443/Kpts/SR.120/4/2008

Jeruk ini mempunyai cita rasa manis segar dengan tingkat kemanisan 9,0-11,0° brix, Bentuk buah bulat sedikit pipih, ukuran buah sedang, dan warna kulit buah kuning-oranye, Warna daging buah orange dan produktivitasnya antara 50-70 kg/pohon/tahun pada masa panen. Jeruk ini cocok ditanam di dataran tinggi 800 – 1400 mdpl.

Keprok Brastepu merupakan salah satu varietas unggul jeruk di Indonesia dan berpotensi  untuk dikembangkan. Dengan dukungan inovasi teknologi  jeruk yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengambangan Pertanian, diharapkan mampu untuk diadopsi  petani untuk mengembangkan agribisnis jeruknya. (fjr)