Keprok atau Siam

Dalam kehidupan sehari- hari banyak masyarakat yang masih bingung untuk membedakan jeruk keprok dengan siam. Secara keseluruhan jeruk siam dan jeruk keprok memiliki karakter yang hampir sama.

Identifikasi secara umum untuk membedakan keprok dengan siam akan memudahkan dalam mengenali jenis buah oleh masyarakat.

Buah Jeruk K. Konde Purworejo dan K. Batu 55

Jeruk keprok mempunyai rasa manis sedikit asam dan segar, warna kulit menarik dan mudah dikupas. Berat jeruk keprok 125-274 gram, bentuk buah jeruk keprok  pada umumnya bulat ada yang gepeng, ciri khas mempunyai  konde, tekstur permukaan agak kasar, warna kulit pada dataran tinggi bisa sampai oranye. Mempunyai dinding buah tebal dengan lapisan kulit luar yang kaku, ketebalan kulit 3.13-4.63 mm.

Gambar 6. Buah jeruk siam pontianak  

Jeruk siam ini yang populer di masyarakat. Buah ini banyak ditemui di pasar tradisional dan secara umum banyak beredar di mana-mana. Rasa yang manis, kulit tipis dan mudah dikupas adalah cirinya. Ukuran jeruk siam relatif lebih kecil dibandingkan dengan jeruk keprok, dengan kisaran  99.8-112.2 gram. Buah berbentuk bulat dengan ujung buah bundar.

Kiri: Keprok, Kanan : Siam

Kulit buah berwarna hijau kekuningan, mengkilat. Ketebalan kulit sekitar 1.8 – 2.5 mm, lebih tipis daripada jeruk keprok. Tekstur permukaan kulit buah siam lebih halus karena pori-pori lebih rapat dan berukuran kecil  0.8 mm, terlihat pada Gambar (7) pori-pori jeruk keprok lebih jarang dengan ukuran besar ≥1.2 mm.

Lapisan tengah jeruk seperti spons yang terdiri atas jaringan bunga karang berwarna putih disebut Albedo. Dari gambar diatas ada perbedaan albedo antara keprok dan siam.


Albedo dan bulir pulp jeruk keprok dan siam

Tekstur albedo pada jeruk keprok lebih kasar. Di dalam kulit buah ada segmen (bagian buah), setiap segmen mempunyai kulit tipis, putih transparan (jernih).

Didalam segmen ada daging (pulp) yang berwarna kuning oranye rasanya manis dan sedikit asam. Pulp ini terdiri dari gelembung kecil yang kedua ujungnya runcing atau tumpul, berisi cairan dan letaknya bebas.

Pulp jeruk siam lebih lembut dibandingkan jeruk keprok, dari gambar diatas jelas terlihat perbedaan ukuran maupun bentuknya.

(sumber: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/tips-membedakan-jenis-jeruk/)