Kepala Balitbangtan Tinjau Lokasi TSTP Kebun Percobaan Punten

ZHF_0065Kebun Percobaan Punten Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) diproyeksikan menjadi satu dari sekian Taman Sain Teknologi Pertanian (TSTP) pada tahun 2017. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) berperan aktif mengembangkan TSTP mulai tahun 2015. Hal ini sesuai dengan Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo dalam Pembangunan Jangka Mengenah Nasional (RPJMN) pemerintahan 2014-2019.

Kepala Balitbangtan Dr. Ir. H. Muhammad Syakir, MS pada Kamis (4 Agustus 2016) mengunjungi KP Punten dan memberikan arahan untuk persiapan TSTP tahun depan. Kunjungan ini didampingi oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc; Kepala Balitjestro Dr. Joko Susilo Utomo, Kayantek Balitjestro Dr. Harwanto dan Kepala Kebun lingkup Balitjestro.

Joko Susilo Utomo memberikan penjelasan mengenai potensi KP Punten dan proyeksi TSTP, termasuk varietas unggulan yang terbaru dari Balitjestro. Menanggapi hal tersebut, Kepala Balitbangtan memberikan masukan agar diseminasi Balitjestro terus ditingkatkan. Varietas yang selama ini mayoritas adalah seleksi dan hasil pemutihan harus juga diimbangi hasil silangan dari peneliti pemulia Balitjestro. Menanggapi hal ini, Harwanto menjelaskan bahwa hal itu sedang dalam proses, silangan-silangan sudah dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. Pengamatan dan seleksi terus dilakukan agar varietas yang dilepas stabil dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. [z@in]

Related Post

Tinggalkan Balasan