Kepala Balitbangtan Tinjau Kebun Percobaan Lingkup Balitjestro

[cml_media_alt id='2268']ka badan 2[/cml_media_alt]Kepala Badan Litbang Pertanian Dr.Haryono mengadakan kunjungan lapang di beberapa UPT di Jawa Timur  termasuk di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) ( 28-29/12/2012). Kunjungan ini dilakukan untuk melihat kondisi lapang dan inovasi teknologi yang dihasilkan dari UPT dibawah lingkup Badan Litbang. Dalam kunjungan ini Ka Badan didampingi para pejabat eselon 2 di bawah Badan Litbang beserta Ka balitjestro dan Ka UPT yang ada di Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Ka Badan bersama Ka Puslitbanghorti, Ka Balitjestro dan jajaran pejabat Litbang lainnya mengunjungi dua Kebun Percobaan Balitjestro yang berada di Pasuruan Jawa Timur yaitu di KP Kraton dan KP Pandean. Ka badan beserta staf juga berkesempatan untuk mengelilingi kebun untuk lebih mengetahui kondisi lapang di kebun dan permasalahan yang ada dalam mengelola kebun. Di lapang Ka Badan juga meninjau beberapa titik air yang sudah tersedia untuk selanjutnya akan di bangun sistem irigasi yang tepat sehingga produktivtas kebun akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ka badan mengharapkan dengan dukungan fasilitas yang memadai akan meningkatkan kinerja dalam pengelolaan kebun percobaan. Selain berkeliling lapang Ka badan juga menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan semua staf yang ada di kebun. Kebun Percobaan mempunyai peran penting dalam keberhasilan pembangunan pertanian. Untuk itu Kebun Percobaan perlu ditingkatkan sarana dan prasarananya, karena kegiatan penelitian dilakukan di kebun, jadi keberhasilan teknologi dari penelitian dapat dilihat dari Kebun Percobaannya. Untuk itu kendala-kendala dalam  mengelola kebun diharapkan dapat teratasi sehingga ke depan kebun akan lebih meningkat kualitasnya. Karena ke depan menjadikan kebun yang high profile.

Setelah kunjungan lapang di Pasuruan Ka Badan dan rombongan mengunjungi Balitjestro. Dalam kesempatan tersebut Ka Badan juga berkeliling kebun melihat kondisi rumah kasa untuk pengelolaan BF dan BPMT serta  tanaman di kebun antara lain jeruk, anggur, apel dan visitor plot tanaman jeruk sekaligus memberikan arahan-arahan dalam pengelolaan kebun.  Disamping itu dalam mengelola kebun diharapkan peranan peneliti dalam mengaplikasikan ilmunya untuk menciptakan inovasi teknologi yang mendukung produktivitas  kebun percobaan. Kemudian Ka balijestro juga memberikan penjelasan mengenai keunggulan-keunggulan dari varietas anggur, maupun jeruk yang akan didaftarkan untuk pelepasan varietas.Ka badan memberikan apresiasi postif terhadap kinerja dari Balitjestro dalam menghasilkan inovasi teknologi jeruk dan buah subtropika lainnya .(Fajar)

Related Post

Tinggalkan Balasan