Kementan siap bagikan benih jeruk gratis

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sela- sela kesibukan kegiatan di Jawa Timur menyempatkan untuk berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika, 25/05/2018.

Dalam kunjungan kerja ini mentan menyampaikan bahwa satu juta benih jeruk akan dibagikan gratis kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan program “Bekerja” (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang dicanangkan Kementerian Pertanian sesuai arahan presiden. Dengan menjangkau 1.000 desa di 100 kabupaten angka kemiskinan secara agregat program ini diharapkan mampu ditekan sesuai target pemerintah menjadi satu dijit atau di bawah 10 persen pada 2018.

Salah satu wujudnya  adalah pembagian benih tanaman baik sayuran, buah – buahan dengan memanfaatkan pekarangan masyarakat secara intensif untuk pertanian. Pembagian benih jeruk ini bersinergi dengan “Bekerja” dalam prosesnya.

Nantinya benih tidak hanya dibagi saja namun harus dikawal dalam budidayanya. Selain itu teknologi pembuahan jeruk berjenjang sepanjang tahun dapat di adopsi kepada masyarakat agar nantinya buah jeruk akan selalu ada setiap saat, lanjutnya.

Kondisi iklim di wilayah Batu dan Malang sangat mendukung dalam pengembangan jeruk.  Sehingga diharapkan mampu menghasilkan jeruk yang berkualitas terbaik. Dengan potensi keunnggulan jeruk ke depan dapat menggantikan jeruk impor yang beredar di pasaran.
(af)