Kementan kembali salurkan 12 ribu benih jeruk ke Kabupaten Tuban

 

Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menyalurkan benih jeruk bebas penyakit kepada masyarakat. Kali ini giliran kabupaten Tuban menerima 12 ribu benih sebagai tahap pertama dari 20 rb yang direncanakan.

Penyerahan benih dilakukan di Kebun Percobaan Punten, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (balitjestro), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan), Jumat 04/05/2018.

Secara simbolis benih jeruk diserahkan kasubag tata usaha Balitjestro Wisnu Unjoyo mewakili kepala Balitjestro kepada Wakil Ketua Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, Lulus Endah Cahyani.

Penyerahan benih ini merupakan kelanjutan dari program Kementerian Pertanian dalam program perbenihan nasional 2018 serta mendukung program Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang salah satunya memberikan benih tanaman kepada masyarakat, jelas Wisnu.

Lebih lanjut 12 benih yang disalurkan ke Tuban ini disesuaikan dengan wilayah adaptasinya. Adapun varietasnya yaitu Keprok Tejakula dan Keprok Madura yang sesuai dengan dataran rendah. Masing – masing berjumlah 6000 pohon, ujarnya.

Sementara itu menurut Jumali Kasi Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan Dinas Dinas Pertanian kabupaten Tuban mewakili PKK, kegiatan ini dilakukan oleh PKK kabupaten Tuban dalam penyalurannya kepada masyarakat. Benih ini akan diberikan kepada 328 desa dan kelurahan yang masing 2 pohon per kepala keluarga.

Tujuannya adalah untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman produktif untuk menambah penghasilan masyarakat.

Dalam pengembangannya nantin akan bekerjasama dengan Balitjestro untuk memberikan teknologi budidayanya. Dengan demikian nantinya jeruk akan berkembang lebih luas lagi, lanjutnya. (af)