Kembangkan Jeruk, Tim Istana Kepresidenan Cipanas Kunjungi Balitjestro

Sebagai tindak lanjut kerjasama teknologi tanaman jeruk antara Istana Kepresidenan Cipanas dan Balitjestro, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, enam pegawai Istana Kepresidenan melakukan studi banding ke Balitjestro, Kamis 15/2/2018.

Kasubbag Perlengkapan Istana Kepresidenan Cipanas Ferdy Syaiful SE.MM mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang penerapan inovasi teknologi tanaman jeruk yang telah dihasilkan.

Teknologi ini nantinya akan diterapkan untuk dalam mengelola tanaman jeruk yang telah ditanam beberapa waktu yang lalu.

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Dr. Ir. Anang Triwiratno, MP. Selanjutnya disampaikan tentang sekilas tentang Balitjestro dan hasil-hasil inovasi teknologi yang dihasilkan selama ini.

Kegiatan berikutnya penyampaian materi tabulampot buah-buahan yang disampaikan oleh Setiono, SP. Materi ini untuk memberikan gambaran pengelolaan tabulampot buah yang benar untuk diapilkasikan di Cipanas.

Di Istana Cipanas sendiri telah tertanam beberap varietas unggulan jeruk hasil kerjasama dengan Balitjestro, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Selain tanaman di kebun juga beberapa tabulampot jeruk yang saat ini sudah berbuah.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi kebun percobaan Tlekung, Punten, Kliran dan Banaran Di kebun dapat dilihat bagaimana tata kelola tentang budidaya jeruk yang sesuai dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS). (fjr)