Kembangkan Jeruk, Pemkab Tapin Kunjungi Balitjestro

Jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan kunjungan lapang ke Balitjestro, Jumat, 17/03/2017.

Kunjungan yang diikuti Wakil Bupati Tapin Ir.H.Sufian Noor, MP dan beberapa Satuan Perangkat Operasional Daerah (SOPD) bertujuan untuk konsultasi dan koordinasi untuk penanganan hortikultura jeruk berbasis agribisnis menuju agrowisata. Kegiatan ini sejalan dengan visi misi yang menetapkan sektor pertanian sebagai priritas dalam pembangunan daerah.

Kabupaten Tapin saat ini ingin mengembangkan jeruk secara lebih luas lagi karena mempunyai potensi untuk agribisnis jeruk didataran rendah. Lahan yang masih luas dapat dimanfaatkan untuk pengembangan jeruk disamping tanaman pangan yang menjadi komoditas utama di sana.

Salah satu jeruk yang menjadi unggulan di Kalimantan Selatan adalah varietas Siam Banjar. Jeruk ini memiliki rasa yang manis dan sering memenangkan kontes jeruk nasional. Dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah akan mampu meningkatkan semangat pelaku agribisnis jeruk terutama petani untuk terus membudidayakan jeruk.

Kunjungan lapang ini diterima oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Dr.Ir Anang Triwiratno, MP. Dalam sambutannya disampaikan tentang berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (balitbangtan) dalam mendukung pengembangan jeruk dan buah subtropika di Indonesia. Inovasi tersebut telah banyak digunakan oleh petani dalam mengelola usaha taninya.

Teknologi sangat diperlukan untuk pengembangan jeruk. Dengan teknologi yang tepat akan mendukung keberhasilan pengembangan jeruk. Balitbangtan telah memiliki inovasi teknologi jeruk yang dikenal dengan Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS)

Penerapan teknologi penting untuk menjaga tanaman untuk tetap sehat dan berproduksi dengan baik. Selain itu akan mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang jeruk sehingga umur produksi akan lebih lama.

Balitbangtan siap mendukung rencana pengembangan jeruk di Kabupaten Tapin dengan memberikan inovasi teknologi yang telah ada untuk diadopsi petani. (fjr)

Related Post