Kembangkan Jeruk dengan Okulasi

Kembangkan Jeruk dengan Okulasi

Sistem okulasi (penempelan mata tunas), menjadi pilihan bagi petani mengembangkan pertaniannya. Tanaman apel maupun jeruk yang rusak tidak perlu ditebang dan diganti dengan bibit baru. Dengan metode okulasi, tanaman juga bisa cepat berbuah dan tahan penyakit.

Okulasi merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki tanaman jeruk maupun apel yang rusak. Selain akan lebih cepat berbuah dan tanaman akan tahan penyakit. Buah yangdihasilkan pun bisa disesuaikan dengan jenis yang di okulasi.

Menurut Kepala Balitjestro Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Batu, Dr Ir Joko SusiloUtomo, okulasi sekarang menjadi solusi bagi petani untuk memperbaiki tanaman yang rusak.Petani apel maupun jeruk tidak perlu lagi harus menebang tanaman yang rusak denganmenggantinya dengan bibit baru.

“Kalau mulai dari pembibitan, akan membutuhkan waktuyang lama. Dengan sistem okulasi, petani bisa mendapatkan jenis baru dan cepat panen,” kataJoko. Untuk di Balitjestro, sudah mengembangkan berbagai jenis bibit yang bisa digunakanuntuk okulasi. Diantaranya tanaman anggur, jeruk, kelengkeng dan apel. (cwl/bb)

Perpustakaan Balitjestro. Sumber: Radar Batu, Jawa Pos, 19-08-2014 halaman 32.

 

Tinggalkan Balasan

Agenda

no event