Keltan Sejahtera Sekolah Lapang di Balitjestro

Balitjestro dikunjungi 30 orang petani dari Kelompok Tani Sejahtera, Desa Punten Kota Batu, Selasa 17/04/2018. Tujuan mereka berkunjung ke Balitjestro adalah untuk mengikuti Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) dalam Kegiatan Penyuluhan Penerapan Teknologi Pertanian/Perkebunan Tepat Guna yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kota Batu.

Otto Endarto, selaku Ketua Kelompok Peneliti Hama dan Penyakit Tanaman Balitjestro menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Peserta studi lapang diberikan beberapa materi terkait Pengenalan dan Pengendalian Hama Penyakit untuk tanaman jeruk serta penjelasan sekilas mengenai budidayanya. Dengan pengendalian yang tepat, maka hama penyakit yang berbahaya dapat dicegah.

Dalam studi lapang ini juga dijelaskan beberapa inovasi teknologi dari Balitjestro, antara lain Bark Pesticide Aplicator (BPA) dan Teknologi Expert System. BPA ini merupakan alat aplikasi pestisida sistemik melalui batang tanaman jeruk secara optimal untuk mengendalikan kutu loncat Diaphorina citri. Selain penggunaannya yang efektif dan efisien, alat ini tidak mematikan musuh alami hama.

Penjelasan dilanjutkan di lapangan yang dipandu oleh Rudy Cahyo, salah satu peneliti di Balitjestro, dengan menunjukkan alat pemantau hama yang ada di kebun jeruk Balitjestro. Alat ini merupakan bagian dari Teknologi Rancang Bangun Sistem Pakar (Expert System), sebuah program/aplikasi untuk melakukan pemantauan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) utama jeruk secara real time berbasis web.

Sesi diskusi dilakukan secara interaktif baik di dalam ruangan dan di lapangan. Para peserta mendapatkan pengetahuan dan informasi yang cukup dalam studi lapang ini, untuk nantinya dapat diaplikasikan dalam usaha mereka. (Trifena)